iPhone sudah menjadi salah satu smartphone yang sangat dikenal oleh sebagian besar pecinta gadget di seluruh dunia. Smartphone buatan Apple tersebut dikenal memiliki nilai prestisius yang sangat tinggi, sehingga tidak sedikit orang yang memilihnya sebagai gadget idaman. Jika Anda termasuk sebagai pengguna iPhone, sudah tahukah Anda dengan berbagai tips dan trik yang bisa mengoptimalkan penggunaan iPhone? Mungkin ada beberapa tips sederhana yang belum Anda ketahui. Apa saja tips tersebut? Silahkan Anda simak ulasan berikut ini.

iPhone

1. Melihat Apa Saja Yang Bisa dilakukan Siri.

Sebagai fitur asisten pribadi yang bisa mengerti perintah suara, Siri menjadi andalan iPhone generasi terbaru. Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan oleh Siri dengan aktifasi perintah suara, Anda bisa menekan dan menahan tombol Home, kemudian tekan “i”. Anda akan melihat daftar dari apa saja yang bisa dilakukan Siri untuk Anda.

Tips dan trik penggunaan iPhone

2. Beritahukan Pada Siri Hubungan apa yang Anda miliki dengan Sesorang Yang Dda di Kontak.

Anda bisa mengatakan kepada Siri tentang hubungan Anda dengan seseorang yang ada di buku telepon. Misalnya “Dina is my wife”, atau “Joko is my father”. Sehingga saat ingin mengirim SMS kepada istri Anda, bisa dilakukan dengan mengatakan “Text my wife”. Atau saat ingin menelepon ayah Anda bisa dilakukan dengan perintah “Call my father”. Siri akan mengetahui siapa orang yang dimaksud.

3. Kustomisasi Kata Pada Keyboard

iPhone dan cara memanfaatkannya

Anda bisa membuat kamus kata pribadi jika Anda merasa sering memakai kata tersebut. Sehingga keyboard pada iPhone tidak hanya akan melengkapi kata secara otomatis tetapi juga tahu apa yang akan Anda tulis. Dari menu Setting > General > Keyboard > Add New Shortcut. Dari sini Anda bisa menambahkan beberapa kata atau frase dengan shorcut untuk menambahkannya. Misalnya Anda menulis “I Love You” dengan shortcut “ily”, maka saat sedang mengetik pesan SMS atau email Anda bisa mengetik “ily” dan hasilnya adalah frase “I Love You”.

4. Mengunci Orientasi Layar

Untuk mengunci orientasi layar agar tidak berubah sesuai dengan posisi iPhone bisa dilakukan dengan cara tekan dua kalo tombol Home yang akan memunculkan jendela multitasking. Kemudian geser dari kiri ke kanan lalu tekan portrait orientation lock sekali untuk mengaktifkannya, dan tekan kembali untuk mematikannya.

5. Pinch to Zoom

Saat sedang menggunakan kamera iPhone untuk memotret, Anda bisa menyesuaikan zoom kamera dengan melakukan gerakan “mencubit” atau pinch pada tampilan yang ada di layar iPhone.