Nandroid Backup : Apa dan Bagaimana Cara Membuatnya

Nandroid Backup : Apa dan Bagaimana Cara Membuatnya

Bila Anda ingin mem-flash custom ROM pada Android Anda setelah di root, Anda mungkin pernah menemukan kata Nandrod Backup lebih dari sekali selama melakukan riset. Sangat penting untuk mengetahui apa itu Nandroid backup, cara melakukannya dan bagaimana mengembalikannya, hana bila sesuatu berjalan tidak sesuai rencana.

Nandroid Backup : Apa dan Bagaimana Cara Membuatnya

Apa itu Nandroid Backup ?

Pada dasarnya ini adalah mirror image dari perangkat Android Anda. Nandroid Backup akan menyimpan segalanya di perangkat Anda, termasuk gambar, musik, ringtones, system settings, password yang tersimpan, dll. Anda akan memiliki replika dari apa yang Anda miliki di ponsel Anda. Hal ini termasuk copy dari custom ROM , game Anda, dan segala progressnya. Itulah yang dinamakan backup menyeluruh.

Sangat baik untuk melakukan Nandroid backup dari waktu ke waktu karena Anda tidak akan tahu kapan malware akan menyerang ponsel Anda, atau Anda kehilangan ponsel atau mungkin harus berurusan dengan sistem Android yang bermasalah.

Cara Membuat Nandroid Backup

Cara yang di rekomendasikan untuk membuat Nandroid Backup adalah melalui custom recovery, dan itu cara satu-satunya bila Anda ingin me-restore backup Anda. Berbagai custom recovery memiliki kemampuan backup Nandroid, namun jia Anda ingin menggunakan yang populer, maka TWRP atau WCM adalah yang bisa Anda coba. Jika Anda menggunakan salah satunya dan tidak dapat mnemukan backup Anda, maka coba cari di “/0/TWRP/Backups “, atau “/data/media/clockworkmod/backups”.

Setelah Anda melakukan flash, pilih opsi yang memungkinkan Anda membuat backup Nandroid. Anda tidak akan dapat menggunakan touch screen disini, Anda perlu menggunakan tombol volume untuk memilih opsi. Sebagai contoh jika Anda menggunakan CWM, Anda perlu

  1. Boot ke Bootloader dengan menekan tombol Volume down, dan tombol Power
  2. Boot ke dalam recovery mode.
  3. Buka Back and Restore
  4. Pilih Backup, dan jika ada ruang yang cukup, proses backup akan dimulai. Setelah backup selesai, Anda akan dibawa ke home screen CWM.

Cara Restore Nandroid Backup

Proses restore sangatlah mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Boot kedalam recovery.
  2. Pilih Backup and Restore.
  3. Pilih Restore (dibawah opsi backup) danjika Anda lebih dari satu backup Nandroid, cukup pilih yang ingin Anda restore. Itu saja.

File backup akan di simpan pada lokasi penyimpanan yang sesuai, atau pada memori SD Anda. Anda akan perlu kartu SD dengna kapasitas besar karena Nandroid backup bisa memakan banyak sekali ruang. Androi Andasendiri menggunakan beberapa giga, dan tergantung dari apa yang sudah Anda install di ponsel, aplikasi-aplikasi dan data akan memakan hingga bergiga-giga. Jika Anda ingin bermain aman, cari SD Card dengan kapasitas besar.

Jangan lupa bahwa Nandroid backup tidak akan bekerja dengan recovery berbeda, sehingga Anda tidak dapat menggunakan backup TWRP dengan CWM recovery Pastikan bahwa Anda memiliki paling tidak 75% lebih baik lagi 100% baterai

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*