Cara Mematikan Gatekeeper Forever di Mac Anda

Cara Mematikan Gatekeeper Forever di Mac Anda

Gatekeeper eksis di Mac Anda untuk mencegah instalasai dari aplikasi yang tidka diotorisasi di Mac Anda. Aplikasi-aplikasi ini mengandung salah satunya yang sudah di download dari Mac App Store resmi. Jika Anda belum menyesuaikan setting-nya, Anda akan melihat sebuah prompt muncul setiap kali Anda ingin menginstall salah satu aplikasi ini. Anda kemudian dapat menentukan apa yang ingin Anda lakukan dengan aplikasi tersebut , entah mengisntallnya atau tidak.

Cara Mematikan Gatekeeper Forever di Mac Anda

Bila Anda kebetulan mengsintall beberapa aplikas tersebut, dan ingin agar Gatekeeper tidak mengganggu Anda dengan pesan peringatan setiap kali men-double klik aplikasi diluar Mac, Anda bisa menonaktifkan fitur Gatekeeper selamanya di Mac Anda.

Berikut cara untuk menonaktifkan Gatekeeper selamanya di Mac.

Catatan : Gatekeeper adalah fitur keamanan di Mac untuk menjaga Anda dari aplikasi-aplikasi eksternal yang tidak sah. Artikel ini tidak menyarankan Anda untuk neonaktikannya. Melainkan hanya menunjukan cara bagaimana bila Anda ingin melakukannya. Anda herus menggunakan kebijkasaan Anda ketika melakukannya.

Mematkan Gatekeeper Selamanya Di Mac

Anda tidak perlu aplikasi pihak ketiga untuk melakukan ini cukup mudah dengan perintah di Terminal saja.

  1. Jalankan Terminal dengan klik Launchpad di dock Anda dan cari dan klik Terminal.
  2. Ketika Terminal jalan, ketik perintah berikut dan tekan Enter. Hal itu akan menonaktifkan Gatekeeper secara permanen di Mac Anda.
    sudo defaults write /Library/Preferences/com.apple.security GKAutoRearm -bool NO
  3. Anda akan diminta untuk memasukkan password untuk mengijinkan perintah tersebut membuat perubahan ke sistem Anda. Lakukan itu dan tekan Enter.
  4. Jika Anda memasukan password yang benar untuk akun Anda, Anda tidak akan mendapatkan pesan konfirmasi , dan Anda akan melihat username Anda. Itu artinya trik berhasil, dan Gatekeeper sudah dimatikan selamanya. Dari sekarang kapanpun Anda menginstall aplikasi dari luar Mac App Store, Anda tidak akan diminta apakah Anda ingin membuka aplikasi atau tidak.

Jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini kembali, Anda bisa melakukannya menggunakan sebuah perintah dan aplikasi Terminal. Bergini caranya.

Mengaktifkan Kembali Gatekeeper

Lagi, Anda perlu aplikasi Terminal dan tidak akan aplikasi pihak ketiga yang diperlukan.

  1. Klik Launchpad di dock , cari dan klik Terminal, dan aplikasi akan diluncurkan.
  2. Ketikan perintah berikut kedalam Terminal dan tekan Enter. Hal tersebut akan mengaktifkan kembali Gatekeeper di Mac Anda.
    sudo defaults write /Library/Preferences/com.apple.security GKAutoRearm -bool YES
  3. Masukan password akun Anda dan tekan Enter untuk mengijinkan perubahan terjadi.
  4. Setelah memasukkan password yang benar, Anda tidak akan mendapatkan pesan apapun. Melainkan, Anda akan melihat gari blank untuk memasukan sebuah new command. Itu artinya, perintah tersebut berhasil, dan Gatekeeper sudah kembali dan berjalan di Mac Anda. Anda sekarang akan ditanya setiap kali Anda menginstall aplikasi dari luar Mac App Store.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*