Cara Install Aplikasi Modern Di Drive Eksternal Windows 10

Ketika dibandingkan dengan Windows 8, Windows 10 memiliki bannyak peningkatan dalam hal fitur dan kegunaan. Beberapa peningkatan tersebut termasuk kemampuan untuk melakukan side load aplikasi modern, mengsntall aplikasi moder dalam partisi yang terpisah atau drive lain dan kemampuan untuk memindahkan aplikasi yang sudah terinstall. Menginstall dan memindahkan aplikasi ke drive lainnya sangatlah berguna jika Anda memiliki ruang hard disk yang sedikit dalam driver C atau jika Anda menggunakan hard disk kapasitas rendah seperti di notebook.

install-move-modern-apps-featured1

Berikut ini cara install aplikasi modern di drive eksternal dan bahka memindahkan aplikasi yang sudah terinstall ke drive atau partisi pilihan Anda.

Menginstall Aplikasi Modern di Drive Eksternal

Menginstall aplikasi modern dalam partisi yang terpisa atau pada drive eksternal tidaklah sulit. Untuk memulainya, masukkan drive eksternal dan pastikan terdeteksi di File Explorer. Setelah itu, klik icon Notifications dan pilih opsi “All Settings”. Atau, Anda bisa menggunakan shortcut “Win + I”.

Setelah panel Settings terbuka, pilih opsi “System”. Ini dimana Anda dapat mengedit hampur semua settingan System-spesifik.

Pada jendela System, navigasikan ke panel “Storage”. Disini Anda akan menemukan semua drive di sistem Anda dan lokasi default install dan download.

Scroll kebawah dan pilih drive eksternal Anda dari menu drop-down dibawah “New apps will save to”.

Dari titik ini, kapanpun Anda install aplikasi baru, akan terinstall di drive eksternal. Jika Windows tidak dapat menemukan drive tersebut ketika mengsntall, Anda akan di tanya untuk memilih lokasi lainnya.

Apa yang terjadi ketika Anda melepaskan Drive ?

Apa yang terjadi jika Anda melepas drive dan mencoba mengeksekusi aplikasi yang sudah terinstall ? Sebenarnya, tidak ada yang terjadi. Windows akan memberitahukan Anda bahwa aplikasi tersebut sedang offline karena drive eksternal tidak terhubung.

Memindahkan aplikasi yang telah terinstall ke Drive lain

Sekarang, Jika Anda punya banyak aplikasi yang memakan ruang penyimpanan Anda, maka Anda mungkin ingin memindahkannya ke drive eksternal. Untungnya, Windows 10 memiliki solusi mudah.

Untuk mulai, buka jendela Settings dan masuk ke System panel. Disini, pilih pilihan “Apps and eatures” dari panel kiri.

Ketika berada disini, cari aplikasi yang ingin dipindahkan, dan klik tombol “Move”.

Bagian diatas akan meminta Anda untuk memilih drive. Cukup pilih drive dari menu drop-down dan klik tombol “Move” untuk menyelesaikan prosesnya.

Sampai disini Anda sudah berhasil memindahkan aplikasi tersebut. Faktanya, Jika Anda membuka drive eksternal tersebut Anda isa melihat folder yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi Windows. Tentu, karena merupakan folder sistem, Anda tidak akan dapat mengakses folder “WindowsApps” kecuali Anda mengganti ownership.

Jika ingin mengembalikannya, ikuti prosedur yang sama, tetapi pilih Drive C dan kik “Move”.

Sangat simple kan ?

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*