Cara Mengatasi Foto Blur

Cara Mengatasi Foto Blur

Akan sangat mengganggu untuk mencari tahu sebuah gambar yang bagus berubah blur karena kesalahan fokus kamera atau gerak. Dalam banyak hal, Anda akan merasa tidak nyaman, terkadang memalukan, proses mengambil gambar kembali lagi, namun tidak selalu. Terkadang momentnya hanya bertahan sekali saja untuk memungkinkan Anda mengambil satu gambar, dan gambar blur bisa mengganggu.

Cara Mengatasi Foto Blur

Untungnya, teknologi berada disisi Anda, Anda dapat dengan mudah membuat foto blur tersebut bagus kembali. Dengan sedikit editing foto, foto tersebut akan menjadi lebih jernih. Berikut ini kita berikan Anda cara menghilangkan blur pada foto dengan metode mudah :

Catatan : Kita masih menggunakan teknologi disini, bukan sulap. Jadi jika gambar hampir tidak mungkin untuk di lihat, maka kemungkinannya mustahil untuk mengatasinya. Anda bisa mentasai blur kecil pada foto, seperti blur karena salah fokus kamera atau sedikit gerakan. Anda tidak bisa menghasilkan ulang sesuatu yang bahkan tidak di tangkap oleh kamera.

  1. Gunakan Unshar Mask

Mempertajam gambar adalah cara yang paling mudah untuk membuat foto blur jernih kembali. Namun, fitur penajaman dasar pada software diting foto tidaklah begitu powerful dan hana akan membantu mengatasi blur yang sangat kcil pada foto. Inilah yang ditawarkan fitur “Unsharp Mask”, yang bisa di katakan versi peningkatan dari fitur “Sharpening”

fitur ini tersedia di photoshop, namun Anda juga dapat menemukannya di software gratis GIMP yang akan kita gunakan dalam contoh ini. Untuk memulai, jalankan GIMP dan buka gambar yang di blur. Anda bisa drag and drop gambar didalam interface GIMP, atau klik “File” dan kemudian “Open” untuk memilih dan menambahkan gambar.

Setelah gambar blur ditambahkan, klik “Filter” dan arahkan mouse pada “Enhance”. Sekarang dari menu sisi, klik “Unsharp Mask” yang terletak di akhir.

Jendela lainnya akan terubka dengan tiga pilihan : Radius, Amount dan Threshold.

Radius : total area dimana penajaman akan diterapkan, dimulai dari sudut.

Amount : total kekuatan dari penajaman. Meningkatkan berarti akan membuat warna lebih gelap dan warna terang lebih terang.

Threshold : Menentukan area kontras yang akan di pertajam. Meningkatkannya akan menerapkan ketajaman ke area kontras yang lebih tinggi, dan menguranginya akan menerapkan ketajaman ke area kontras yang lebih rendah.

Ketika Anda sudah mendapatkan hasil yang terbaik, klik “File” dan kemudian klik “Export As”. Sekarang pilih lokasi dimana Anda ingin menyimpan gambar, dan klik “Export” untuk menyimannya disana.

Nah itu lah cara memperjatam gambar yang blur, semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*