Cara Reset Wireless Router Anda

Cara Reset Wireless Router Anda

Saya baru-baru ini ditanya oleh seorang teman bagaimana mereka bisa me-reset router nirkabel mereka kembali ke pengaturan default karena mereka tidak lagi bisa mengingat password WiFi. Pernah terjadi pada Anda? Saya juga!

Cara Reset Wireless Router AndaAda beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu me-reset router nirkabel Anda: 1) Anda sulit untuk mengingat password, lupa dan tidak memiliki password yang disimpan di mana saja atau 2) Ini adalah setup oleh orang lain dan Anda tidak tahu password atau 3) Anda ingin me-reset router karena masalah kinerja atau konektivitas  4) Anda berpikir router Anda mungkin dikompromikan dan ingin ulang untuk memblokir setiap pengguna yang tidak sah.

Catatan bahwa jika Anda hanya mengalami masalah koneksi, Anda tidak perlu me-reset router Anda sama sekali, tapi hanya perlu reboot. Untuk reboot, cukup cabut router dari dinding, tunggu sekitar 20 detik dan kemudian pasang kembali. Ini akan mengambil satu atau dua menit untuk router agar restart, tapi masalah koneksi sebagian dapat diselesaikan dengan melakukan hal ini.

Setelah Anda me-reset router, password untuk login ke antarmuka web dan password WiFi akan diatur ulang ke password default.


Hard Reset (Tombol Fisik)

Reset router wirelessadalah tugas yang cukup sederhana, tetapi hasilnya cukup serius, yang berarti Anda akan perlu menghabiskan sedikit pengaturan waktu semuanya kembali. Ketika Anda me-reset router wireless, Anda akan kehilangan semua pengaturan termasuk yang berikut:

Router admin login (username & password)

Nama pengguna dan password WiFi, jenis keamanan, saluran

Nama SSID

Setup DNS dinamis

Aturan atau pengaturan firewall

Hampir setiap router modern dapat diatur ulang dengan mengikuti prosedur yang sangat sederhana. Entah membalik router terbalik atau melihat di bagian belakang untuk sebuah lubang kecil dengan kata RESET. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah hanya menemukan klip kertas kecil dan menempel satu ujung ke dalam lubang sementara router dihidupkan.

Biasanya, Anda harus tahan tombol selama 10 sampai 15 detik. Pada titik ini, Anda akan melihat wireless router , berkedip, atau hanya me-restart. Setelah itu telah sepenuhnya reboot, router adalah kembali ke keadaan default pabrik aslinya.

Beberapa router yang lebih tua mungkin mengharuskan Anda untuk mematikan router pertama-tama, kemudian menekan tombol reset dan kemudian hidupkan router kembali. Jika tidak, salah satu dari dua metode ini bekerja, maka Anda mungkin harus melihat pada manual yang datang dengan router atau menemukan petunjuk online.


Soft Reset (Web Admin)

Cara kedua untuk me-reset router adalah untuk mengembalikan default pabrik dari dalam antarmuka web admin. Untuk melakukan ini, Anda harus tahu alamat IP dari router Anda dan ketik  ke browser web Anda.

Di mana Anda harus pergi di antarmuka web akan bervariasi  tergantung pada router yang Anda gunakan. Tempat terbaik untuk memeriksa di bawah judul seperti Manajemen, Administrasi, Advanced, Sistem, Pemeliharaan atau sesuatu yang serupa. Saya memiliki Verizon FIOS dan terletak di bawah Advanced untuk router Actiontec saya.
Akan ada tombol yang disebut Restore Default atau Back to factory reset, yang akan melakukan hal yang sama seperti tombol reset fisik. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa sebagian besar router modern juga memiliki pilihan untuk membuat cadangan pengaturan Anda ke file konfigurasi yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan pada titik kemudian.

Jika Anda mengalami masalah dengan router Anda, Anda mungkin tidak akan ingin mengembalikan pengaturan saat ini, tapi itu ide yang sangat baik untuk me-reset router Anda, setup segala sesuatu dan kemudian menyimpan cadangan dari semua pengaturan Anda.

Sekarang router Anda kembali dan berjalan, Anda perlu untuk menghubungkan untuk itu menggunakan browser web Anda untuk mengkonfigurasi semua pengaturan lagi. Untuk melakukan ini, Anda perlu menemukan alamat IP untuk router Anda.

Jika Anda tidak mampu mengikuti petunjuk dari link sebelumnya, Anda juga dapat checkout program yang disebut Router Detector dari sebuah situs web yang disebut  Router Setting yang pada dasarnya menemukan router untuk Anda.

Setelah Anda login, Anda harus melakukan dua hal: mengubah password default untuk login ke router Anda dan kemudian setup pengaturan nirkabel Anda.

Semoga berguna !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*