Cara Membuat Flowchart di PowerPoint

Cara Membuat Flowchart di PowerPoint

PowerPoint adalah aplikasi yang bagus yang dapat digunakan untuk hampir semua jenis presentasi. Salah satu contoh besar menggunakan PowerPoint adalah untuk menyajikan proses dan keputusan menggunakan flow chart dan diagram. Hampir setiap versi Office memiliki kemampuan untuk menambahkan standar bentuk diagram alir seperti Process, Keputusan, data, dll, tapi Office 2007 dan versi diatasnya juga memiliki fitur baru yang disebut SmartArt, yang merupakan template untuk menunjukan ide-ide visual , proses dan mengalir .

Cara Membuat Flowchart di PowerPoint

Yang menyenangkan tentang SmartArt adalah bahwa Anda dapat menggunakannya dalam kombinasi dengan aliran grafik objek dan mereka cocok.

Untuk memulai membuat flowchart, Anda perlu klik pada tab Insert dan kemudian klik Shapes. Ke bagian bawah, Anda akan melihat bagian yang disebut Flowchart.

Jika Anda membawa mouse Anda ke salah satu bentuk, itu akan memberi Anda gambaran yang cepat juga, yang berguna jika Anda lupa apa bentuk apa yang mewakili konsep apa. Klik pada bentuk yang ingin Anda gunakan dan kemudian klik di mana saja pada slide untuk membuat objek atau klik dan drag untuk membuat objek berukuran kustom.

Untuk memasukkan teks ke dalam objek flowchart, Anda harus klik kanan di atasnya dan pilih Edit Text. Secara default, Office menggunakan latar belakang biru dan teks putih untuk semua benda-benda ini. Jika Anda ingin mengubah ini, Anda bisa klik kanan pada objek dan kemudian memilih dari Style,fill atau Outline seperti yang ditunjukkan di atas atau Anda dapat melakukan hal yang sama di ribbon bar dbawah Format Tools.

Cukup mouse anda ke atas gaya yang berbeda, fills, effect untuk melihat bagaimana mereka akan terlihat dinamis tanpa benar-benar harus mengubah gaya saat ini dari objek. Catat bahwa jika Anda menyisipkan objek dan Anda ingin mengubah bentuk untuk sesuatu yang lain di kemudian hari, Anda dapat mengklik tombol Edit Shape yang Anda lihat di bagian kiri atas layar.

Setelah Anda memiliki beberapa objek pada slide Anda, Anda dapat menghubungkan mereka dengan menggunakan konektor di bagian Line. Line adalah yang enam isorot dengan warna kuning. Klik pada salah satu dan kemudian klik pada satu objek dan tarik mouse Anda ke objek lain untuk menghubungkan mereka.

Anda juga dapat klik kanan pada setiap objek atau konektor dan pilih Format Shape untuk menyesuaikan lebar, warna, gaya, efek, dll

Sekarang Anda dapat menghabiskan banyak waktu untuk membuat diagram alur Anda terlihat cantik menggunakan semua pilihan format ini, tetapi cara yang lebih mudah adalah untuk menemukan sebuah objek SmartArt yang tepat. SmartArt terdiri dari template menarik yang Anda cukup  drop ke dalam presentasi Anda. Klik pada tab Insert dan kemudian klik pada SmartArt untuk memulai.

Sebuah dialog akan muncul dengan daftar kategori di sebelah kiri, thumbnail kecil untuk semua item dalam kategori dan deskripsi setiap item di ujung kanan. Untuk menunjukkan seberapa cepat Anda dapat menambahkan nice looking grafis untuk slide Anda, klik List, gulir ke bawah, klik pada Trapezoid List, dan kemudian klik OK.

Sekarang dengan objek yang dipilih pada slide Anda, klik Design dibawah bagian Tools SmartArt di bagian paling atas dari PowerPoint. Di sini Anda harus mengklik pada gaya yang terakhir di ujung kanan disebut Brick Scene.

Anda juga akan melihat tombol yang disebut Change Colors di sebelah kiri SmartArt Styles yang akan membiarkan Anda memilih beberapa kombinasi warna yang sangat baik.
Lanjutkan 
4 dari kiri bawah Colorful dan Anda sekarang akan memiliki melihat grafis yang mengagumkan yang dapat digunakan dalam presentasi Anda.

Sekarang Anda mungkin tidak selalu menggunakan grafis yang di diagram alur Anda, tetapi Anda dapat mengklik Proses dan kategori lain yang memiliki lebih flowchart-  grafis. Beberapa item memungkinkan Anda untuk memasukkan gambar, yang benar-benar baik jika Anda ingin menambahkan beberapa daya tarik visual untuk flowchart Anda.

Secara keseluruhan, Office memiliki banyak built-in tools untuk membuat beberapa diagram alur tampak hebat dengan cepat dan mudah. Microsoft juga secara berkala merilis lebih grafis SmartArt yang dapat Anda download secara gratis. 

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*