Cara Sembunyikan Pesan Teks pada iPhone (Nonaktifkan Preview)

Cara Sembunyikan Pesan Teks pada iPhone (Nonaktifkan Preview)

Secara default, iPhone akan menunjukkan kepada dunia teks SMS dan iMessage di layar kunci Anda apakah Anda memiliki Sentuh ID atau setup passcode pada perangkat Anda. Bagi kebanyakan orang, ini bukan masalah besar dan karena itu mereka tidak mengubah pengaturan.

Cara Sembunyikan Pesan Teks pada iPhone (Nonaktifkan Preview)Namun, itu benar-benar dapat menjadi masalah privasi atau keamanan besar. Untuk satu hal, Anda tidak pernah tahu apa jenis teks yang akan Anda terima dan yang mungkin kebetulan melihatnya. Dengan pengaturan default, siapa saja yang dalam penglihatan dari ponsel Anda dapat membaca pesan ketika mereka tiba karena ponsel Anda akan menyala.

Jika mereka secara fisik dapat menyentuh telepon, mereka tidak bisa hanya membaca pesan, namun sebenarnya membalas mereka dari layar kunci. Hal ini berlaku bahkan jika Anda memiliki Touch ID atau kode akses diaktifkan.


Dari perspektif keamanan, itu bisa berbahaya bagi seseorang yang memiliki otentikasi dua faktor aktif pada banyak situs. Banyak situs hanya mengirimkan kode melalui pesan teks, yang kemudian dapat dengan mudah dilihat oleh siapa pun di dekat Anda.
Untungnya, Apple sudah memasukkan banyak pilihan yang berbeda dalam pengaturan untuk mengontrol privasi Anda. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan bagaimana Anda dapat mengamankan pesan teks Anda sehingga hanya Anda yang dapat melihatnya.

Perhatikan bahwa tidak ada pengaturan di bawah ini yang akan membantu jika Anda tidak mengaktifkan TouchID atau mengaktifkan kode sandi. Bahkan jika Anda mengkonfigurasi telepon Anda untuk menunjukkan apa-apa pada layar kunci, seseorang bisa dengan mudah hanya menggesek untuk membuka telepon Anda dan membaca apa saja yang mereka inginkan.


Tampilkan Previews
Pengaturan pertama yang Anda dapat ubah adalah Show Previews, yang mungkin akan cukup bagi kebanyakan orang. Buka Settings, kemudian Notifications, dan tekan pada Messages.
Gulir ke bawah dan Anda akan melihat sebuah opsi bernama Show Previews. Tekan tombol toggle kecil sehingga tidak lagi hijau.

Sekarang ketika Anda mendapatkan teks atau iMessage dari seseorang, Anda hanya akan melihat nama orang dan tidak pesan. Alih-alih pesan, Anda hanya akan melihat teks standar seperti iMessage.
Perhatikan bahwa ketika Anda menyembunyikan preview, Anda tidak lagi dapat membalas pesan dari layar kunci, bahkan jika pilihan itu diaktifkan. Ini masuk akal karena bagaimana Anda dapat membalas pesan yang Anda tidak dapat lihat?

Tampilkan pada Lock Screen
Bagi mereka yang ingin lebih privasi dan keamanan, Anda juga bisa pergi ke Notifications – Messages lagi dan mematikan beberapa item.
Langkah berikutnya akan menonaktifkan Show pada pilihan Lock Screen. Ketika Anda menerima pesan sekarang, bahkan tidak ada satu pemberitahuan akan muncul di layar kunci. Sebaliknya, telepon akan membuat suara pesan teks atau bergetar jika Anda berada pada mode silent.
.
Ketika Anda membuka ponsel Anda, banner akan muncul di bagian atas menunjukkan Anda pesan baru. Anda juga akan masih dapat melihat berapa banyak pesan baru telah tiba karena ikon aplikasi lencana.
Tingkat maksimum keamanan adalah untuk menonaktifkan Badge App Icon, menonaktifkan suara notifikasi dan menonaktifkan pesan di tengah pemberitahuan. Jika Anda melakukan itu, Anda bahkan tidak akan tahu kapan Anda menerima pesan baru. Anda harus secara manual membuka aplikasi Pesan untuk melihat pesan baru. Itu mungkin sedikit banyak, bahkan jika Anda ingin lebih privasi dan keamanan.

Sebuah keseimbangan yang baik adalah dengan mematikan Tampilkan Previews dan mengaktifkan kode sandi. Dengan cara itu Anda masih akan tahu kapan pesan baru tiba, tapi hanya bisa melihat mereka setelah Anda membuka ponsel Anda.

Teks pesan Forwarding
Anda juga harus berhati-hati tentang bagaimana Anda menggunakan fitur lain pada iOS yang disebut text messages forwarding yang dapat mengekspos pesan Anda untuk pemirsa yang tidak diinginkan.
Jika Anda pergi ke Settings, kemudian Messages, Anda akan melihat opsi ini tercantum di bawah iMessage. Jika Anda mengaktifkannya, Anda dapat memungkinkan perangkat lain untuk mengirim dan menerima pesan teks selama-alat yang masuk ke akun iMessage sama.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*