3 Faktor Penting Dalam Memilih Wireless Router

Membangun sebuah jaringan wireless dinilai lebih mudah karena tidak perlu membuat berbagai macam instalasi kabel yang dibutuhkan untuk menghubungkan antar komputer. Meskipun begitu pemilihan perangkat wireless router juga harus diperhatikan dengan baik  agar proses pembangunan jaringan wireless tidak menemui banyak kendala.

Perangkat wireless router sendiri saat ini sangat beragam dengan kemampuan yang bermacam-macam. Berbagai fitur yang memudahkan instalasi dan manajemen jaringan juga telah disertakan. Dengan banyaknya macam perangkat yang ditawarkan itu paling tidak Anda harus mempertimbangkan 3 faktor penting berikut.

1. Software pendukung

Faktor utama yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah software pendukung yang disertakan pada paket wireless router. Anda akan mengalami kesulitan jika software yang disertakan untuk melakukan instalasi menggunaknan istilah-istilah yang sulit untuk dipahami. Istilah teknis seperti protokol apa dan pada port berapa koneksi internet dengan provider harus disetting serta beberapa pengaturan mengenai subnet mask dan lain-lain tentu akan merepotkan.

Sedangkan software yang baik adalah yang mampu menangani semua pengaturan default atau secara otomatis melakukan konfigurasi jaringan hanya dengan beberapa klik untuk memulai pengaturan. Beberapa produk wireless router terbaru juga dilengkapi fitur Parental Control yang bisa digunakan untuk mengatur hak akses internet untuk anak-anak.

2. Performa atau kinerja

Kinerja wireless router sangat penting karena terkait dengan kestabilan dan kecepatan koneksi dalam sebuah jaringan. Selain itu juga daya jangkau dari sinyal wifi yang dipancarkan. Misalnya saja untuk kebutuhan video streaming, jika ada beberapa perangkat yang melakukan video streaming secara bersamaan maka akan tersendat karena penggunaan wireless router dengan kualitas yang rendah. Hal ini akan tetap terjadi meskipun koneksi internet yang Anda pakai seharusnya mumpuni untuk melakukan video streaming. Karena wireless router berfungsi sebagai “otak” yang mengatur pembagian lalu lintas data pada jaringan tersebut.

3. Desain

Desain sebuah wireless router juga menjadi pertimbangan yang cukup penting terutama jika penggunaannya di tempat yang terlihat oleh banyak orang. Kesesuaian desain wireless router dengan lingkungan sekitarnya tentu saja akan menambah estetika ruangan dan membuatnya tampak lebih rapi. Teknologi masa kini sudah memungkinkan pembuatan desain wireless router yang lebih futuristik sehingga terlihat lebih modern. Penggunaan antena internal yang sama kuatnya dengan antena eksternal membuat bentuk desain wireless router masa kini lebih praktis dan kompak.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*