Membagi Layar Desktop Anda menjadi Beberapa Bagian

Membagi Layar Desktop Anda menjadi Beberapa Bagian

Jika Anda memiliki LCD resolusi tinggi atau layar LED di rumah dan Anda tidak menggunakan segala jenis aplikasi membelah layar, maka Anda membuang-buang layar real estat besar waktu Anda! Hal terbaik memiliki layar resolusi tinggi adalah bahwa Anda dapat melihat beberapa jendela pada saat yang sama, bukan hanya satu program yang aktif pada suatu waktu.

Membagi Layar Desktop Anda menjadi Beberapa Bagian

Tentu saja, Anda selalu dapat beralih di antara program dengan menggunakan ALT + TAB atau hanya dengan mengklik pada program di taskbar, tapi ada banyak waktu ketika Anda harus  melihat beberapa program pada saat yang sama. Sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 10, tidak hanya memiliki built-in support untuk beberapa desktop, tetapi juga menambahkan beberapa fitur bagus untuk fitur Snap yang disertakan mulai pada Windows 7.

Pada artikel ini, saya akan menulis tentang fitur-fitur baru di Windows 10 dan juga tentang beberapa program freeware yang juga memungkinkan Anda membagi layar Anda dengan cara yang berbeda.

Fitur Windows 10 New Snap

Pertama, mari kita bicara tentang Windows 10 karena memiliki beberapa fitur baru yang benar-benar bagus untuk bekerja dengan beberapa jendela pada desktop yang sama. Seperti yang Anda sudah tahu, Anda hanya dapat menarik jendela ke kiri atau kanan layar dan Windows akan secara otomatis mengubah ukuran jendela untuk mengisi setengah layar.

Hal yang sama berlaku untuk Windows 10, tapi sekarang ada Snap Assist fitur baru yang juga berisi jendela ekstra di sisi berlawanan sebagai thumbnail dan memungkinkan Anda klik pada mereka untuk mengisi sisi lain dari layar. Pada Windows 7 & 8, Anda harus secara manual snap jendela keduanya ke tempat juga.

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, setelah saya menyeret dan menjatuhkan Excel di sisi kanan layar, jendela yang terbuka lainnya secara otomatis ditampilkan di sisi kiri. Mengklik pada salah satu jendela akan memperluas untuk mengisi seluruh bagian kiri layar.

Pilihan baru lainnya adalah 2 × 2 kotak. Jika Anda mengambil jendela dan tarik ke setiap sudut layar, jendela akan mengisi sudut yang tertentu atau 1/4 dari layar. Anda dapat mengisi setiap sudut dengan aplikasi desktop atau aplikasi Windows universal. Pada Windows 10, semua aplikasi bertindak seperti aplikasi desktop, sehingga mereka bisa diambil di mana saja juga.

Ini perlu dicatat bahwa preview Windows 10 juga didukung snap vertikal, yang berarti aplikasi akan berakhir setengah bawah layar dan pergi ke seberang horizontal, tapi itu tampaknya telah dihapus dalam build final.

Dengan Windows 10 ini pilihan new snap dan virtual desktop manager, kebanyakan orang tidak akan pernah perlu repot-repot men-download aplikasi pihak ketiga untuk mengelola jendela mereka.

Freeware Apps

Ada juga dua aplikasi freeware yang dapat digunakan untuk membagi atau membagi layar Anda menjadi beberapa bagian dan karena itu bekerja lebih efisien. Sebelumnya saya telah menulis tentang sebuah program yang disebut SplitView, yang memungkinkan Anda membagi layar Anda, tetapi biaya $ 39! Mengapa membayar ketika Anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik secara gratis?

WinSplit Revolution adalah utilitas yang sangat kecil yang membantu untuk mengatur semua jendela yang terbuka Anda dengan memiringkan, mengubah ukuran dan posisi mereka sehingga mereka efisien menggunakan semua ruang di desktop Anda.

Menggunakan WinSplit Revolusi, Anda dapat dengan cepat membagi layar Anda menjadi dua bagian, pertiga, perempat, dll Anda dapat mengubah ukuran jendela apapun dan memindahkannya ke kiri setengah dari layar, atas, bawah, sudut, dll

Kemudian baik menggunakan nomor pad virtual atau hotkeys yang telah ditetapkan, Anda dapat dengan cepat memunculkan jendela untuk fullscreen atau beralih ke jendela lain.

Girdvista

GridVista adalah program kedua yang memungkinkan Anda untuk membagi atau membagi layar desktop Windows Anda menjadi beberapa bagian. Saya sebutkan WinSplit pertama karena tampaknya memiliki fitur lebih dari GridVista.

Anda dapat kembali menggunakannya untuk membagi layar Anda menjadi dua bagian, pertiga, dll seperti WinSplit, tetapi tidak memiliki keypad virtual. Cukup tarik jendela ke salah satu bagian dan akan memaksimalkan ukuran penuh bagian tersebut.

Anda kemudian dapat memaksimalkan salah satu bagian ke layar penuh baik melalui mengklik dengan mouse atau melalui hotkey. Jadi jika Anda memiliki monitor yang besar lebih dari 20 “, maka Anda pasti harus memeriksa salah satu dari program-program ini.

Secara keseluruhan, kedua program bekerja dengan baik pada Windows XP, Vista, dan 7, sehingga Anda bisa bermain-main dengan keduanya dan melihat mana yang bekerja lebih baik bagi Anda. Satu-satunya downside ke aplikasi  freeware ini adalah bahwa mereka sudah tua dan tidak dikembangkan lagi. Sebagai contoh, MaxTo telah benar-benar diganti WinSplit, tapi saya tidak berpikir itu bernilai . Aplikasi freeware bekerja, tetapi tidak berguna pada sistem operasi baru seperti Windows 8 dan 10.

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*