Cara Transfer File atau Migrasi dari Windows PC ke Mac

Cara Transfer File atau Migrasi dari Windows PC ke Mac

Jika Anda baru saja membeli komputer Mac baru dan ingin mentransfer data dan pengaturan dari PC ke Mac, ada beberapa cara untuk menyelesaikan tugas ini. Pada artikel ini, saya akan menyebutkan metode yang berbeda yang  saya telah gunakan, dari yang paling mudah sampai yang paling teknis.

Cara Transfer File atau Migrasi dari Windows PC ke Mac

Ini juga perlu diperhatikan bahwa Apple menyediakan layanan transfer di toko-toko ritel mereka secara gratis, yang bisa berakhir menghemat banyak waktu. Tidak ada pedoman yang jelas tentang apa  data  apa yang dapat mereka transfer, tetapi mereka akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan sebanyak  mungkin.

Untungnya Apple ingin membantu pengguna Mac baru memindahkan data mereka ari PC dan menciptakan sebuah program yang disebut Migration Assistant untuk membantu membuat proses yang sederhana. Mari kita mulai dengan metode ini pertama.

Apple Migration Assistant

Program ini diinstal secara default pada semua Mac yang menjalankan OS X Lion atau diatasnya. Dalam rangka untuk menyalin data dari PC Anda, Anda akan perlu menginstal versi Windows dari program ini pada PC Anda.

Pertama, download program Windows Migration Assistant. instal dan klik Yes setiap kali Anda mendapatkan prompt yang menanyakan apakah Anda ingin mengizinkan program ini untuk membuat perubahan ke komputer Anda.

Asisten harus memuat secara otomatis, tetapi jika tidak, Anda bisa klik pada Start dan program harus tercantum dalam All Programs atau All Apps.

Klik Continue dan Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa Anda harus menonaktifkan Windows update otomatis. Hal ini untuk memastikan proses transfer tidak  terganggu oleh restart tiba-tiba karena update.  Loncat ke bagian pengaturan Control Panel dan mengikuti instruksi tersebut.

Klik Continue dan asisten migrasi akan memberitahu Anda untuk membuka program yang sama pada komputer Mac Anda.

Pada Mac Anda, klik pada folder Applications dan kemudian gulir ke bawah ke  Utilities. Anda akan melihat Migration Assistant dengan wajah smiley.

Ketika terbuka, pergi ke depan dan klik Continue. Anda mungkin mendapatkan pesan yang menyatakan firewall telah diaktifkan dan bahwa Anda harus mematikannya. Ikuti petunjuk untuk mematikan firewall pada Mac Anda.

Setelah Anda melakukan ini dan klik Continue, Mac Anda akan menutup semua aplikasi dan restart. Ini beban program khusus di boot dan Anda akan melihat dialog seperti di bawah.

Klik From a Windows PC dan kemudian klik Continue. Pastikan PC Anda dan Mac yang terhubung ke jaringan yang sama, jika tidak dua komputer tidak akan dapat menemukan satu sama lain. Juga sebaiknya matikan firewall Windows jika Anda berlari ke dalam masalah.

Butuh beberapa menit, tapi pada akhirnya ia akan menunjukkan PC Windows saya. Setelah muncul, Anda dapat klik Continue dan ia akan menampilkan kode keamanan. Anda harus pergi ke PC Windows dan pastikan kode yang sama.

Beberapa tips tips di sini. Pertama, ketika Anda klik Continue di sini, mungkin menunjukkan kode pada Mac, tetapi kode pada PC mungkin tidak pernah muncul. Sebaliknya, itu hanya mungkin terus mengatakan Menunggu Mac untuk menghubungkan. Dalam hal ini, matikan asisten pada PC dan restart.

Kedua, untuk beberapa alasan yang aneh, pada setup saya , itu menunjukkan kode yang berbeda pada PC daripada Mac. Saya mengklik  Continue pada PC saya tetap dan itu bekerja dengan baik, tapi tidak yakin mengapa itu terjadi. Itu bisa saja karena saya restart asisten program pada PC.

Terakhir, ketika Anda klik Continue di sini, mungkin berkedip layar kode untuk beberapa detik dan kemudian langsung kembali ke layar yang ditunjukkan di atas. Jika hal ini terjadi, maka restart asisten aplikasi pada PC dan itu akan memperbaiki masalah.

Setelah Anda klik Continue pada PC, itu akan memberitahu Anda bahwa program ini siap untuk mentransfer data dan bahwa Anda harus memilih data pada Mac Anda.

Jika Anda kembali ke Mac Anda, layar kode akan  pergi dan sekarang Anda akan melihat dialog di mana Anda dapat memilih data untuk mentransfer.

Secara default, ia memilih folder umum seperti Gambar, Dokumen, Video, dll juga mencoba untuk menemukan konten yang berpotensi berguna lainnya seperti kontak, email, kalender, dan bookmark. Anehnya, itu juga mencantumkan hard drive lain yang diinstal pada PC Anda dan Anda dapat dengan mudah menyalin data dari sana juga. Di bagian bawah, ia memberitahu Anda berapa banyak data yang Anda pilih dan berapa banyak yang tersedia untuk dtransfer.

Klik Continue dan transfer data akan dimulai. Anda harus tahu bahwa Mac akan membuat akun user baru dan mengimpor semua data ada. Ini tidak mengubah pengaturan untuk account pengguna Anda saat ini, yang bagus. Setelah selesai, Anda akan melihat pesan Cleaning up dan kemudian tombol Keluar.

Di sisi Windows, Anda akan melihat pesan Migrasi Finishing diikuti dengan pesan yang menunjukkan bahwa transfer telah selesai dengan sukses.

Setelah Anda me-restart Mac Anda, Anda akan melihat user account baru dan Anda akan melihat semua data yang ditransfer terletak dalam profil pengguna.

Jika Anda ingin secara manual mentransfer data tanpa Migration Assistant, Anda dapat melakukannya, tetapi membutuhkan sedikit lebih banyak pekerjaan. Anda harus membuat folder bersama pada mesin Windows Anda dan kemudian terhubung ke dari Mac Anda.

Semoga berguna !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*