Cara Aktifkan God Mode Control Panel pada Windows

Cara Aktifkan God Mode Control Panel pada Windows

Windows memiliki banyak pengaturan yang dapat dikonfigurasi untuk menyesuaikan bagaimana Windows beroperasi. Namun, menyesuaikan pengaturan ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagian dari mereka harus disesuaikan dengan menggunakan Control Panel, yang bisa ditemukan dengan pergi ke Start> Control Panel.

Cara Aktifkan God Mode Control Panel pada Windows

Meskipun Control Panel adalah alat yang baik, kadang-kadang bisa sulit untuk digunakan. Untuk banyak pengguna, bila menggunakan Control Panel, Anda harus beralih kembali balik antara berbagai jendela yang berbeda untuk mengatur segalanya. Kadang-kadang juga sulit untuk menemukan pengaturan tertentu yang Anda cari. Sebagai contoh, saya telah menulis seluruh posting hanya tentang bagaimana mengkonfigurasi Network and Sharing Center.

Selain itu, Windows 8.1 dan Windows 10 memiliki dua tempat untuk menyesuaikan pengaturan: melalui Control Panel dan melalui aplikasi Settings.

Namun, ada satu cara lain yang dapat Anda menyesuaikan pengaturan pada komputer Windows Anda, yang memberi Anda semua opsi penyesuaian di satu tempat: God Mode atau Control Panel Master. Tidak ada yang benar-benar yakin mengapa disebut God Mode karena pada dasarnya hanya daftar semua kemungkinan pengaturan di satu tempat dan Anda tidak perlu menamainya God Mode!

Untuk sampai ke Master Control Panelini, Anda harus terlebih dahulu membuat folder baru di desktop Anda. Untuk melakukannya, klik kanan pada desktop Anda untuk membuka menu sekunder. Dari menu sekunder, pilih New> Folder. Ini akan menambahkan folder default untuk desktop Anda yang akan diberi nama sesuatu seperti New Folder atau New folder 2, dll

Berikutnya, Anda perlu mengubah nama folder baru yang baru saja Anda buat. Pertama salin teks di bawah ini yang dimulai dengan GodMode (E …}. Sekarang klik Kanan pada folder dan pilih Rename.

{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C} GodMode

Tempel teks ini sebagai nama folder dan kemudian tekan Enter. Sekarang, folder harus berubah dari default kosong icon folder ke icon Control Panel dengan nama GodMode. Perhatikan bahwa Anda dapat mengubah teks apa pun terserah Anda, itu tidak harus GodMode.

Klik dua kali pada ikon untuk membukanya. Anda akan melihat bahwa terlihat mirip dengan jendela Control Panel, dengan semua pilihan yang ditempatkan dalam format daftar. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat semua penyesuaian yang tersedia untuk Windows pada satu tempat.

Sekarang, Anda bisa melompat ke pengaturan tertentu dan mengkonfigurasinya dengan mudah, tanpa harus melalui sekelompok Windows yang berbeda. Ketika Anda mengklik pada daftar dalam “God Mode” , Anda akan dapat pergi langsung ke halaman konfigurasi.

Perhatikan bahwa segala sesuatu di Control Panel Guru juga dapat ditemukan dalam Control Panel biasa dengan melakukan pencarian.

Kenyamanan utama GodMode adalah bahwa Anda dapat melihat semua pengaturan tanpa harus tahu apa yang harus dicari. Hal ini telah terbukti bermanfaat pada sejumlah kesempatan karena saya tidak tahu persis apa kata yang perlu dicari, tetapi mampu menemukan pengaturan ketika melihat pada daftar tersebut.

Sekali lagi,  trik ini bekerja pada Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar. 

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*