Instal dan Hapus Font di Windows Dengan Mudah

Instal dan Hapus Font di Windows Dengan Mudah

Dimulai dengan Windows 7 dan lanjut ke Windows 10, proses untuk mengelola font pada Windows telah menjadi jauh lebih ramping dan lebih mudah digunakan. Apakah Anda seorang profesional yang perlu menginstal banyak font untuk pekerjaan Anda atau seseorang yang ingin mempercepat komputer mereka dengan menyingkirkan font tidak berguna, Windows membuatnya mudah untuk melakukantugas tersebut.

Instal dan Hapus Font di Windows Dengan MudahPerhatikan bahwa prosedur di bawah ini dapat dicapai dalam Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10. Jika ada sesuatu operasi tertentu, saya akan menyebutkan  secara terpisah.


Cara Install Font

Setelah Anda download file font Anda, pergi ke depan dan buka folder di mana font Anda disimpan. Sekarang klik dua kali pada file font tersebut.

Sebuah jendela akan muncul di mana Anda akan melihat preview dari semua angka dan huruf untuk font tersebut. Hal ini juga akan menampilkan sampel kalimat dalam ukuran font yang berbeda. Untuk menginstal font pada sistem Anda, klik tombol Install di bagian atas.

Itu dia! Font sekarang sudah terinstal! Jika Anda membuka program seperti Word, Anda akan melihatnya sekarang berada  dalam daftar font. Anda dapat memilih dan mulai mengetik dengan font baru tersebut.


Cara Menghapus Sebuah Font

Menghapus font hampir sama mudah. Pertama, buka Control Panel dan klik pada folder Fonts. Jika Anda berada di Category view, maju dan beralih ke tampilan Icon.

Pilih font yang ingin Anda hapus dan kemudian klik tombol Delete arah atas jendela.

Jika semua berjalan dengan baik, font Anda akan dihapus dari sistem anda. Sekarang ada beberapa situasi di mana Anda mungkin mengalami masalah. Pertama, Anda mungkin mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa font tidak dapat dihapus karena digunakan.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus terlebih dahulu menutup semua program dan coba lagi. Jika itu tidak berhasil, coba restart komputer Anda dan kemudian menghapus font. Sebagai usaha terakhir, Anda dapat me-restart dalam Safe Mode dan kemudian mencoba untuk menghapusnya.

Cara lain untuk menghapus font adalah melalui registry Windows. Sebelum Anda mengedit apa-apa, pastikan untuk membuat cadangan registri. Sekarang klik pada Start dan ketik regedit. Arahkan ke kunci registri berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts

Cari font dalam daftar di sebelah kanan, kemudian klik kanan dan pilih Delete. Anda akan dapat menghapus file font bahkan jika Anda mendapatkan pesan sedang di-gunakan sebelumnya. Catatan bahwa jika Anda memiliki 64-bit Windows yang diinstal, Anda juga perlu untuk pergi ke kunci registri ini dan menghapus font dari sini juga:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Wow6432Node \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Fonts

Setelah Anda menghapus kunci dari kedua lokasi, maju dan restart komputer agar  perubahan berlaku. Font sekarang akan pergi dari semua program.

Metode ini juga dapat digunakan untuk menghapus font yang dilindungi sistem font. Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menghapus Times New Roman. Jika Anda mencoba melalui Control Panel, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan.

Anda bisa, bagaimanapun, masuk ke registri dan menyingkirkan font tersebut. Pastikan untuk me-restart komputer Anda setelah menghapus entri dari registri. tidak ada alasan yang baik untuk menghapus sistem font yang dilindungi, jadi saya tidak akan merekomendasikan hal tersebut.

Jika Anda sudah menginstal banyak font pada komputer Anda dan sekarang tidak ingin memiliki beberapa banyak font tambahan  Anda dapat memeriksa posting saya sebelumnya tentang cara mengembalikan default font Windows.

Semoga berguna !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*