Cara Mengetahui Versi BIOS di Komputer

Cara Mengetahui Versi BIOS di Komputer

Perlu mencari atau memeriksa versi BIOS saat ini pada laptop atau komputer desktop Anda? BIOS atau UEFI firmware adalah perangkat lunak yang diinstal pada motherboard PC Anda secara default dan yang mendeteksi dan mengontrol hardware built-in termasuk hard drive, kartu video, port USB, memori, dll

Cara Mengetahui Versi BIOS di Komputer

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa cara Anda dapat mencari versi BIOS. Setelah Anda memiliki versi saat ini, Anda dapat mengunjungi situs web produsen untuk melihat apa versi terbarunya.


Informasi sistem

Klik Start, pilih Run dan ketik msinfo32. Ini akan memunculkan kotak dialog Windows System Informations

Pada bagian Sistem Summary, Anda akan melihat item yang disebut BIOS Version / Date. Sekarang Anda tahu versi saat BIOS Anda.


Command Line

Cara lain yang mudah untuk mencari versi BIOS Anda tanpa reboot mesin adalah dengan membuka command prompt dan ketik perintah berikut:

wmic bios get smbiosbiosversion

Baris perintah tersebut akan memberikan nomor versi BIOS dan itu cukup banyak . Namun, ada lebih banyak perintah yang akan  memberikan Anda sedikit info.

wmic bios get biosversion

Windows Registry

Segala tentang Windows  disimpan dalam Registry dan versi BIOS tidak terkecuali! Pergi ke kunci berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ HARDWARE \ DESCRIPTION \ System

Dan Anda akan melihat beberapa kunci yang terkait dengan BIOS, termasuk SystemBiosDate, SystemBiosVersion, VideoBiosDate, dan VideoBiosVersion.

Windows Startup

Metode lain untuk menentukan versi BIOS pada komputer Anda adalah dengan hanya me-restart komputer. Beberapa komputer, termasuk Dell, menunjukkan nomor versi BIOS saat komputer boot up pertama.

Satu-satunya metode memperbarui BIOS yang harus Anda hindari adalah pilihan Windows. Ini biasanya sebuah aplikasi Windows Anda dapat men-download dan menjalankan dari dalam Windows untuk flash BIOS. Masalahnya adalah bahwa hal itu bisa gagal karena Windows masih berjalan dan itu biasanya tidak bahkan direkomendasikan oleh produsen sendiri. Ini adalah cara termudah, tapi membawa risiko yang paling kegagalan.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*