Mengatasi Masalah Performa Chrome

Mengatasi Masalah Performa Chrome

Google Chrome adalah browser yang sangat bagus, namun juga menjadi penyebab masalah performa bahkan untuk komputer yang baikpun. Jiak Anda capek menghadapi masalah dengan Google Chrome di komputer Anda, kita akan mendiskusikannya bagiamana cara meningkatkan performa di artikel ini. Catat bahwa tips performa dibawah ini mengurangi penggunaan CPU dan RAM.

Mengatasi Masalah Performa Chrome

Juga, Sebelum kita melanjutkan artikel, ingat bahwa pada komputer dengan spek rendah, Chrome mungkin tidak akan dapat berjalan dengan baik. Jika Anda tidak pernah merasa performa baik di Chrome, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mencari alternatif browser yang lebih ringan.

Mendiagnosa Performa

Cara cepat untuk mendiagnosa performa Anda dalah dengan membukan Task Manager Chrome. Itu bisa dilakukan dengan menekan shortcut “Shift+Esc”.

Sekarang Anda sudah membukan task manager, Anda dapat menentukan tab, ekstensi dan plugin apa yang menggunakan paling banyak memori dan CPU. Anda bisa klik pada atas setiap kolom untuk menyortirnya, ascending atau descending, by usage.

Mengelola Ekstensi dan Plugin

Menggunakan Chrome Task Manager, Anda Anda akan menemukan ekstensi mana dan plugin mana yang menjadi bermasalah untuk performas Chrome Anda. Dalam kasus ini, hal terbaik adalah menghapus ekstensi tersebut. Untuk melakukannya, masuk ke chrome://extensions dan chrome://plugins untuk menghapus komponen Chrome yang menyebabkan masalah performa.

Anda juda dapat meng-uninstall dan menginstall ulang ekstensi yang bersangkutan jika Anda merasa isntalasinya corrupt dan bukan ekstensinya. Cara terbaik untuk mendapatkan performa penuh adalah menghilangkan semua ekstensi dan memulai yang baru, namun jika anda tidak ingin, tidak perlu.

Ekstensi Terbaik dan Praktiknya

Nah, saatnya masuk ke seluk beluknya. Masuk ke Setting Chrome dapat membantu menyembuhkan masalah di operasi Chrome yang merupakan kesalahan browser, ukan komputer atau ekstensi Anda. Pada Chrome Settings, anda bisa menonaktifkan Hardware acceleration. Untuk beberapa komputer, hal ini dapat meningkatkan kecepatan performa. Jika Anda tidak melihat perubahaan apapun setelah melakukan itu, Anda perlu mengaktifkannya kembali. Opsi berikut yang terbaik sebenarnya adalah mereset Chrome secara penuh, seperti yang sudah disebukan diatas, namun jika Anda ingin menghindarinya, lanjutkan membaca.

Anda juga dapat mengisntall beberapa ekstensi untuk meningkatkan performa. Berikut ini beberapa plihan yang bisa Anda pertimbangkan :

  • The Great Suspender : Digunakan untk men-suspend tab yang tidak digunakan, mengurangi penggunaan memori. Sangat direkomendasikan
  • uBlock Origin, sebuah adblocker cepat dan ringan dibanding Adblock plus.
  • Disconnect : untuk mencegah pelacakan cross-site dan menambah pengalaman browser yang lebih aman.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*