Cara Menampilkan Pesan di Windows 10 Login Screen

Cara Menampilkan Pesan di Windows 10 Login Screen

Jika Anda berbagi PC dengan orang lain seperti teman atau anggota keluarga atua jika Anda sedang mengella beberapa PC, maka Anda mungkin sudah menghadapi situasi dimana Anda ingin berkomunikasi semacam pesan bagkna sebelum seorang user log in. Ada beberapa alsan untuk ini seperti untuk menampilkan sebuah peringatan, memberitahu use default folder mereka di drive jaringan, memberitahu user bahwa PC sedang di monitor, dll. Bahkan jika Anda adalah single user, menampilkan pesna kustom seperti kontak info bisa menjadi sangat berguna khususnya untuk pengguna laptop. Tidak peduli apapun alasannya, berikut ini adalah cara menampilkan pesan ketika user mencoba login ke PC.

Cara Menampilkan Pesan di Windows 10 Login Screen

Menampilkan Pesan di Login Screen Windows

Untuk menampilkan pesab di login screen Windows, Anda bisa menggunakan Windwos Registry atau pun Local Security Policy. Saya akan menjelaskan kedua caranya. Anda bisa mengikuti yang paling Anda rasa nyaman. Harap catat bahwa fitur Local Security Policy tidak tersedia di versi Windows Home.

  1. Menampilkan Pesan via Windows Registry

Untuk menampilkan pesan pada login screen Windows menggunakan Registry, tekan “Win +R”, ketik regedit dan tekan tombol Enter.

Setelah itu navigasikan ke key berikut :

HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/Current Version/Policies/System/

Pada panel kanan cari value “legalnoticecaption”, klik kanan pada itu dan pilih “Modify”.
Pada kolom “Value Data” isi judul pesan dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah itu, cari key “legalnoticetext”, klik kanan padanya dan pilih opsi “Modify”. Pada jendela Edit String, masukan pesan teks pada kolom Value Data dan klik tombol “OK” untuk menyimpannya.

Selanjutnya anda akan melihat pesna tersebut setiap Anda log in ke komputer Windows Anda.

  1. Menggunakan Editor Windows Local Seucirty Policy

Jika Anda menggunakan versi Pro dari Windows, makan Anda juga dapat menggunakan Local Policy Editor untuk menambahkan pesan custom ke login screen Windows.

Untuk melakukan itu, cari “Administrative tools” di start menu dan buka.

Setelah jendela administrative tool terbuka, klik dua kali pada shrotcut “Local Security Policy”.

Note : Anda juga bisa mengakses Local Security Policy dari Group Policy Editor dengan membukannya dan masuk ke “Computer Configuration >Windows Settings > Security Settings”.

Disini jendela Local Security Policy , arahkan ke “Local Policies” dan ke “Security Policies”.

Setelah Anda berada disana , cari “Interactive logon : Message title for users trying to lon on” dan couble-click. Pada jendela setting masukkan judul pesan dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Selanjutnya, cari dan double klik “Interactive logon : Message text for users trying to log on”. Di jendela setting masukkan pesan teks Anda dan klik OK untuk menyimpannya.

Nah, pesan Anda tersebut akan ditampilkan pada login screen Windows setiap kali seorang user mencoba log in.

Semoga berguna !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*