Apa Itu SeaPort.exe dan Bagaimana Cara Menghapusnya

Jika Anda telah menginstal setiap program Windows Essentials ke komputer Anda baru-baru ini seperti Photo Gallery, Movie Maker, Live Writer atau Live Mail, Anda mungkin telah memperhatikan proses baru berjalan pada sistem Anda  yang disebut SeaPort.exe. Jadi apa sebenarnya proses ini dan apakah Anda harus khawatir tentang hal itu?

Untungnya, seaport.exe bukanlah virus atau program malware. Ini adalah Microsoft SeaPort Search Enhancement Broker. Proses ini pada dasarnya mendownload beberapa file konfigurasi untuk meningkatkan fungsi pencarian di berbagai program Windows. Program ini juga akan berjalan jika Anda telah menginstal toolbar Bing di IE.

Jika Anda membuka Task Manager, Anda dapat melihat program ini berjalan dan membunuh prosesnya jika Anda suka. Namun, ini hanya solusi sementara. Ketika Anda me-restart komputer Anda, seaport.exe akan muncul lagi.

Sebelumnya, tampaknya seaport.exe hanyalah alat update otomatis untuk aplikasi MicrosoftSearch Enhancement dan ini mungkin  bisa diinstal dengan Live program Windows, namun, jika dipasang dengan Bing Bar, bisa mencegah komputer dmenginstal update keamanan terbaru untuk toolbar.

Rekomendasi saya adalah untuk meninggalkannya sendirian jika Anda menginstal Bing Bar. Jika Anda menginstal program Windows Essentials, maka Anda tidak perlu untuk membiarkan proses ini karena pada dasarnya berjalan sepanjang waktu dan memakan sumber daya. Memang, ia membawa footprint yang sangat kecil secara keseluruhan, tapi masih menjadi proses tambahan yang tidak selalu perlu berada di sana.


Bagiamana cara menghapus SeaPort.exe dari PC Anda

Tergantung pada apa yang Anda instal pada sistem Anda, prosedur untuk menghapus seaport.exe mungkin berbeda. Metode pertama adalah mematikan layanan melalui Service Console. Untuk melakukan ini, pertama Anda harus melihat service mana yang menjalankan proses tersebut. Entah itu SeaPort atau BBUpdate (Bing Bar Update).

Langkah 1: Dari Windows task manager tab Processes, klik kanan pada seaport.exe dan pilih Go to Service (s).

Langkah 2: Ini akan membawa Anda ke tab Services di mana Anda akan dapat melihat nama layanan. Dalam kasus saya, itu disebut BBUpdate. Sekarang klik pada tombol Jasa di bagian kanan bawah jendela.

Langkah 3: Gulir ke bawah sampai Anda menemukan BBUpdate atau SeaPort dan kemudian klik kanan dan pilih Properties.

Pada tab General, ubah start up type ke Disable, dan klik Stop untuk mengakhiri proses. Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan. Pergi ke depan dan restart komputer Anda dan seaport.exe seharusnya tidak lagi berjalan. Seperti disebutkan sebelumnya, saya hanya akan melakukan ini jika seaport.exe menyebabkan beberapa jenis masalah pada sistem Anda. Jika Anda menginstal Bing Bar, pilihan yang lebih baik yaitu menghapus Bing Bar sama sekali, yang akan menghapus seaport.exe juga.

Dalam kebanyakan situasi, langkah di atas akan dapat menghentikan SeaPort  pada PC Anda. Namun, jika masih berjalan, Anda dapat mencoba untuk menghapus EXE itu sendiri. Tergantung pada apa yang Andainstal, itu akan berada di salah satu dari dua lokasi di bawah ini:

C: \ Program Files (x86) \ Microsoft \ BingBar \ 7.3.161.0 \ SeaPort.exe

C: \ Program Files \ Microsoft \ Cari Enhancement Pack \ SeaPort \ SeaPort.exe

Secara keseluruhan, program ini tidak berbahaya, tetapi jika Anda merasa memakan banyak CPU atau memakan bandwidth jaringan, jangan ragu untuk uninstall program Windows yang disebutkan di atas atau menonaktifkannya melalui Service Console. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar. 

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*