Cara Memblokir Program dari User di Windows

Cara Memblokir Program dari User di Windows

Jika Anda meminjamkan PC Anda kepada seseorang atau jika Anda memiliki anak-anak yang menggunakan PC Anda dari waktu ke waktu, maka Anda mungkin ingin membatasi para pengguna mengakses program tertentu seperti klien email, FTP, browser, Skype sehingga mereka tidak berantakan konten Anda atau pengaturan Anda. Situasi ini terutama berlaku jika Anda memiliki beberapa account pengguna, dan aplikasi telah diinstal untuk semua pengguna. Ya, Anda dapat menggunakan utilitas built-in seperti AppLocker, tetapi ditujukan untuk pengguna Pro dan administrator sistem, dan ada banyak pekerjaan untuk memblokir dan membuka blokir program.

Cara Memblokir Program dari User di Windows

Jika Anda mencari cara mudah untuk memblokir program untuk dijalankan,berikut adalah bagaimana melakukannya.


Blok Program Untuk Dijalankan pada Windows

Untuk memblokir program dijalankan di Windows, kita akan menggunakan software portable yang disebut AskAdmin. Untuk memulai, download software, ekstrak isinya dan tempatkan di suatu tempat yang Anda dapat dengan mudah mengaksesnya.

Untuk mulai menggunakan aplikasi, mulai, dan Anda akan diminta untuk menyetujui persyaratan. Silahkan membacanya dan klik pada tombol  “Agree” untuk menggunakan aplikasi ini.

Seperti yang Anda lihat, aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana di mana Anda dapat menambahkan aplikasi yang terinstal atau perangkat lunak yang Anda ingin blokir.

Untuk menambahkan aplikasi ke dalam daftar, pilih opsi “Add File” dari menu “File”.
Tindakan di atas akan membuka jendela Add File. Arahkan ke folder program, cari file exe dari program atau file dengan ekstensi yang ingin Anda blok dan kemudian klik pada tombol “Open”.

Catatan: AskAdmin juga mampu memblokir setiap jenis file (seperti bat, reg, dll,).

Dari titik ini dan seterusnya, setiap pengguna, termasuk administrator, tidak dapat menjalankan program. Setiap kali pengguna mencoba untuk memulai program, Windows akan membuang error yang mengatakan bahwa Anda tidak memiliki izin yang memadai untuk menjalankan atau mengakses program atau file.

AskAdmin menggunakan fitur Windows asli untuk memblokir aplikasi dijalankan, dan pesan kesalahan tidak pernah mengungkapkan bahwa AskAdmin bertanggung jawab untuk memblokir program atau file tersebut.

Jika Anda ingin membuka blokir program, hapus centang kotak centang di sebelah item yang ingin Anda blokir atau klik kanan pada item dan pilih opsi “Unblock.”

Jika Anda ingin menjalankan aplikasi tanpa blokir, cukup klik dua kali pada item (aplikasi) yang ingin Anda jalankan, dan itu akan meluncurkannya. Namun, karena Anda menjalankan AskAdmin sebagai administrator, aplikasi Anda memulai dari AskAdmin akan juga dijalankan dengan hak istimewa administratif.

Secara default, AskAdmin dikonfigurasi untuk memblokir setiap aplikasi tambah bagi semua pengguna, tetapi jika Anda ingin memblokir aplikasi tambahan untuk hanya pengguna saat ini, Anda dapat melakukannya juga. Cukup klik kanan pada item yang ingin Anda konfigurasi, arahkan ke “User” dan kemudian pilih opsi “Current User.”

Jika Anda ingin menghapus aplikasi dari AskAdmin, baik pilih item dari daftar dan tekan tombol Delete pada keyboard atau klik kanan pada item dan pilih opsi “Remove.”

Selain itu, Anda juga dapat melindungi sandi seluruh aplikasi AskAdmin untuk menghindari perubahan yang tidak sah. Tapi untuk mengaktifkan proteksi password, Anda perlu membeli lisensi satu kali. Namun, untuk membuka dan memodifikasi aplikasi AskAdmin, Anda harus memiliki hak akses administratif yang berarti bahwa kecuali pengguna memiliki hak admin, mereka tidak bisa membuka aplikasi.

Jadi pilihan sandi hanya berguna jika Anda memiliki beberapa pengguna admin yang tahu AskAdmin. Ingat, AskAdmin tidak pernah mengungkapkan dirinya dalam pesan kesalahan, dan menjadi aplikasi portabel, Anda dapat dengan mudah menyembunyikannya.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*