Saat kita menggunakan sebuah printer ada kalanya printer tiba-tiba tidak bisa dipakai untuk mencetak dan hanya menampilkan lampu printer yang berkedip atau blink. Masing-masing “kedipan” tersebut mempunyai arti tersendiri yang menunjukkan kerusakan atau error yang terjadi pada printer. Jumlah blink lampu printer mempunyai arti yang berbeda-beda. Misalnya kedipan lampu pada printer Canon yang masing-masing menunjukkan sebuah kerusakan tertentu pada printer. Dengan mengetahui jenis ketidaknormalan pada printer Canon maka kita dapat lebih cepat untuk mengidentifikasi masalah dan melakukan penanganan yang tepat.

Blink pada printer Canon

Berikut ini kami berikan beberapa arti kedipan lampu pada printer Canon

1. Lampu Hijau-Oranye Berkedip Sebanyak 7x Bergantian

Jika printer Canon Anda mengalami blink dengan pola seperti ini, merupakan indikasi printer Canon mengalami masalah “Waste Ink Pad Full” atau “Ink Ansorber Full”. Hal ini biasa disebabkan oleh busa penyerap sisa tinta yang ada di bagian bawah terlalu basah atau kotor. Anda bisa menggantinya dan kemudian melakukan reset pada printer.

2. Lampu Oranye Berkedip 3x Lalu Hijau 1x

Disarankan agar Anda membawa printer Canon ke tukang service printer. Karena blink lampu tersebut menunjukkan bahwa printer Canon mengalami kerusakan mekanis, sehingga membutuhkan penanganan khusus oleh orang yang telah berpengalaman.

3. Lampu Oranye Berkedip 4x Lalu Hijau 1x

Indikator lampu ini juga hampir sama dengan yang pertama,yaitu disebabkan oleh “Waste Ink Pad Full” atau “Ink Absorber Full”. Cara untuk memperbaikinya cukup dengan di reset menggunakan software resetter printer yang banyak tersedia di internet dan sesuaikan dengan tipe printer Canon yang Anda miliki.

4. Lampu Oranye berkedip 5x lalu hijau 1x

Pola kedip lampu ini menunjukkan bahwa ada kerusakan fisik berupa rusaknya salah satu cartridge, baik itu cartridge warna atau hitam. Cek dengan memasang cartridge pada printer lain dengan tipe yang sama. Jika memang rusak segera lakukan penggantian.

5. Lampu Oranye Berkedip 7x Lalu Hijau 1x

Pola kedip ini menunjukkan bahwa ada kerusakan pada cartridge warna. Langkah memperbaikinya adalah melakukan penggantian.

6. Lampu Oranye Berkedip 8x Lalu Hijau 1x

Jika printer Canon menunjukkan pola kedipan lampu ini maka menunjukkan “Ink Tank Full”. Cara memperbaikinya dengan melakukan reset dengan software resetter.

7. Lampu Oranye Berkedip 14x/15x Lalu Hijau 1x

Arti dari pola kedipan ini adalah cartridge hitam pada printer Canon Anda rusak. Segera lakukan penggantian.

Semoga dengan referensi ini anda bisa mengetahui apa yang salah dari printer ketika trouble dan tentunya segera mencarikan solusi agar printer bisa dipakai lagi untuk aktifitas sehari-hari.