Dampak Negatif Gadget Pada Anak Balita

Sedikit mengingatkan kita pada masa lalu, yakni ketika kita masih senang-senangnya dengan suasana dunia nyata yang penuh canda tawa. Mulai dari belajar, bersosialisasi bersama teman, bermain dan sebagainya. Itu adalah secuil gambaran masa kecil yang notabene sekarang telah tergantikan oleh perkembangan teknologi. Mengapa demikian? Bermunculannya berbagai macam inovasi teknologi seringkali mempengaruhi banyak masyarakat tak terkecuali anak-anak balita.

Dampak Negatif Gadget Pada Anak Balita

Masa-masa penuh perkembangan teknologi seperti sekarang ini terkadang memiliki dampak negatif yang lebih besar bagi anak. Sebut saja perkembangan gadget, dulu sewaktu kita masih kecil tidak ada gadget yang secanggih kini. Tercatat anak dibawah usia 5 tahun sudah mahir mengoperasikan gadget, tentu saja menjadikan banyak kontroversi yang mana apakah bermanfaat betul ataukah akan berdampak buruk bagi sang buah hati.

Berbicara soal anak-anak yang dikaitkan dengan gadget, sekarang ini sudah banyak anak balita yang menginginkan hadiah gadget. Bila telah dibelikan oleh kedua orangtua, si anak pun sibuk mengutak-atik perangkat canggih itu hingga lama kelamaan menjadi bosan dan akhirnya meminta lagi untuk membelikan gadget yang baru. Mungkin ini adalah salah satu dampak negatif penggunaan perangkat gadget pada anak kecil dibawah usia 5 tahun atau balita.

Tak hanya itu, dampak-dampak negatif yang lain pun masih terbenamkan. Seperti misalkan anak kecil sudah mempunyai gadget, bahkan yang bersifat pribadi, apa efek yang ditimbulkannya? Ya, jawabannya adalah hambatan untuk berinteraksi dengan dunia nyata. Masa kecil adalah masa untuk bersenang-senang dengan suasana dunia nyata, di mana di dalamnya terdapat banyak sekali pengaruh sosialisasi yang mungkin bisa mendorong si anak untuk lebih baik dalam interaksinya kepada teman atau orang lain.

Apabila dari kecil sang anak sudah diberikan pegangan gadget, tentu kita sudah tau apa akibatnya. Adalah nantinya, anak tersebut dipastikan akan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, katakanlah ada berbagai kendala yang menghadang dalam proses sosialisasi yang akan dijalaninya kelak. Sejatinya, sosialisasi yang bagus adalah dengan cara face to face atau bertatap muka. Jadi kesimpulannya, dampak negatif gadget pada anak balita adalah menghambat proses terjadinya interaksi di jiwa anak tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*