Cara Backup Blog WordPress Langsung Ke Akun Dropbox

WordPress telah menjadi sebuah CMS yang dijadikan platform oleh banyak blogger dari seluruh dunia untuk membangun sebuah blog atau website. Banyaknya fitur yang tersedia pada Wordpress dan flkesibilitasnya yang tinggi membuatnya mudah untuk dikembangkan dan dikustom sesuai dengan keinginan masing-masing orang. Selain itu kemudahan penggunaan Wordpress juga membuatnya disukai oleh banyak blogger, karena hanya dalam hitungan menit dengan beberapa langkah saja kita sudah bisa membuat sebuah blog dan memulai untuk menulis artikel.

Backup WordPress

Selain “merawat” sebuah blog dengan cara rajin menulis konten atau artikel, ada hal lain yang harus diperhatikan untuk menjaga eksistensi blog yang kita bangun. Melakukan backup adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan backup maka kita akan mempunyai file cadangan jika suatu saat terjadi masalah pada blog tersebut. Bisa saja blog kita mendapat serangan dari hacker yang menghapus semua file di blog kita, kesalahan update sehingga blog menjadi error dan butuh waktu lama untuk meperbaikinya, atau yang paling buruk hosting error dan mengakibatkan file blog kita tidak bisa diakses sama sekali. Disinilah terlihat betapa pentingnya melakukan backup terhadap semua file penyusun blog yang kita miliki.

Di dalam masing-masing control panel hosting sebenarnya sudah ada fitur untuk melakukan backup file blog, dan kemudian bisa kita unduh. Namun jika kita mempunyai koneksi internet dengan kecepatan yang cukup rendah, maka akan butuh waktu cukup lama untuk melakukannya. Bisa saja file backup disimpan di server hosting, namun bisa juga hosting bermasalah dan menyebabkan kita tidak bisa mengakses file tersebut. Untuk menghindarinya maka kita perlu melakukan backup alternatif ke tempat lain, misalnya ke cloud storage seperti Dropbox.

Untuk melakukan backup blog WordPress langsung ke dalam akun Dropbox kita prosesnya cukup mudah, perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

1. Masuk ke WP Admin blog Anda kemudian masuk ke menu Plugins.

2. Pilih “Add New” dan klik “Search”. Lalu masukkan kata kunci “backup to dropbox”.

3. Setelah itu akan muncul plugin yang dimaksud dan klik “Instal”.

4. Setelah instalasi plugin “WordPress Backup to Dropbox” selesai, selanjutnya Anda harus mengaktifkannya dengan memilih “Activate”. Kemudian masuk ke menu Setting plugin tersebut dan klik tombol “Authorize” untuk menghubungkan plugin WordPress Backup to Dropbox dengan akun Dropbox yang Anda miliki.

5. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan email dan password akun Dropbox lalu tekan “Sign in”. Setelah itu pilih “Allow” untuk mengizinkan plugin tersebut terhubung dengan akun Dropbox dan pilih “Continue” pada tampilan yang mucul di halaman pengaturan plugin WordPress Backup to Dropbox.

6. Setelah itu Anda bisa mengatur semua parameter untuk menentukan frekuensi backup otomatis yang akan dilakukan oleh plugin dan langsung tersimpan di akun Dropbox Anda.

Semoga dengan artikel ini anda bisa backup wordpress anda dengan baik sehingga database anda bisa anda backup dengan baik.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*