Cara Mempercepat Index Domain/Website/Blog Baru Kurang dari 24 Jam

Tutorial ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dimana beberapa waktu yang lalu saya beli beberapa domain baru untuk membuat website/blog baru. Biasanya, jika kita beli domain baru yang benar-benar fresh (Memang belum pernah didaftarkan sebelumnya) kita haru menunggu beberapa hari sampai domain tersebut di index oleh search engine (Dalam hal ini saya fokus pada searsh engine Google karena sampai saat ini Google masih merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan untuk pengguna internet di seluruh dunia).

Cara mempercepat index website, blog, domain kurang dari 24 jam

Meskipun begitu, jika anda menerapkan tutorial ini, penulis tidak bisa menjamin kalau domain anda akan terindex kurang dari 24 jam karena terkadang hasilnya akan berbeda dan memerlukan waktu lebih dari 24 jam.

Dengan asumsi anda sudah bisa mengarahkan domain ke hosting, langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat domain baru cepat terindex adalah sebagai berikut:

1) Petama, install CMS kesukaan anda.

Untuk pertama kali, install CMS di hosting anda. Anda bisa menggunakan bermacam-macam CMS mulai dari WordPress, Drupal, Joomla atau yang lain sesuai dengan selera anda. Atau kalau mau gratisan anda bisa menggunakan BlogSpot dengan cara menggunakan custom domain pada Blogger. Kalau penulis sendiri lebih suka menggunakan WordPress.

Install CMS WordPress

2) Tambahkan halaman Contact Us, About Us dan Privacy Policy.

Seperti kebanyakan situs besar, tambahkan halaman-halaman yang saya sebutkan di atas pada website/blog anda agar domain lebih cepat terindex. Untuk isinya, silahkan kosongkan saja. Sebagai catatan, untuk yang ini tidak harus karena pada beberapa domain percobaan, tanpa menggunakan ini pun domain saya bisa terindex kurang dari 24 jam.

3) Buat email baru yang berhubungan dengan domain.

Biasanya penulis membuat satu email baru di Yahoo yang sesuai dengan nama domain yang saya buat. Misalnya nama domainnya adalah “domainku.com”, maka saya buat accouny Yahooo dengan nama domainku@yahoo.com, domainku@ymail.com, domainku@rocketmail.com, domainkuonlline@yahoo.com atau yang lain.

Utuk hal ini sebenarnya tidak begitu berhubungan dengan domain, tetapi semata-mata saya buat agar “maintenance” domain bisa lebih mudah tanpa harus menggunakan alamat email yang lain. Intinya, satu domain satu alamat email.

4) Buatlah satu halamn “fan page di Facebook”.

Untuk step by step silahkan anda cari sendiri, banyak yang sudah menyediakan tutorialnya. Yang paling pentin di sini, pada info dari fan page, tambahkan URL anda “fan page” tersebut dan jangan lupa tambahkan deskripsi halaman fan page tersebut.

Facebook fan page untu mempercepat index search engine

5) Buat satu account Social Bookmark.

Buat satu account di digg.com menggunakan email yang baru saja anda buat, rubah profilenya sesuai dengan keterangan tentang website anda dan berikan link pada profile yang mengarah ke website anda.

6) Buat satu account di Twitter.com, Identi.ca dan mini social network yang lain.

Sama seperti sebelumnya, daftar menggunakan alamat email yang baru saja anda buat dan buatlah profile dan berikan link ke website anda. Jika sudah membuat link, coba buat satu status yang isinya promosi ke website anda.

7) Buatlah link RSS/Feed dari halaman yang sudah anda di Page2RSS.com

Kunjungi website Page2RSS.com dan submit semua halaman web/blog yang sudah anda buat. Jika memungkinkan dan masih banyak waktu, submit semua hal yang susah anda buat, baik itu halaman profile di social bookmark, halaman profile di twitter dan halaman lain untuk dijadikan halaman Feed/RSS pada Page2RSS.com

8) Ping semua halaman di PingOmatic.com

Jika anda masih punya banyak waktu, ping semua halaman menggunakan ping service yang ada di PingOmatic.com, baik itu halaman website, social bookmark, profile Twitter, Identi.ca maupun halaman RSS/Feed yang anda buat.

Kalau anda sudah melakukan langkah di atas, tunggu dan biarkan saja kurang lebih 12-24 jam dari pertama kali anda beli domain. Sesuadah itu cek ke search engine Google dengan mengetikan “site:domainku.com“.

Jika anda sudah menggunakan semua cara di atas tetapi hasilnya masih berbeda, coba share di sini pengalaman anda dengan yang lain tentang bagaimana cara membuat wesbite cepat di-index oleh search engine. Atau kalau anda punya pertanyaan seputar cara-cara di atas, silahkan anda tinggalkan pertanyaan dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Saya selaku penulis akan dengan senang hati membantu anda untuk menemukan solusi terbaik untuk website anda.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

35 Comments on Cara Mempercepat Index Domain/Website/Blog Baru Kurang dari 24 Jam

  1. Wah,artikelnya bagus sekali! Setelah saya membaca artikel ini,saya dapat mempercepat nndex blog baru saya. Thanks for sharing !!

  2. Lengkap Banget Tutorialnya, mencoba bikin domain baru tapi udah 2 hari lum ke index ama SE google, smoga dengan comment di sini si Mbah google cepat mengindex website baruku

    • @keke: Dibandingkan blogspot saya lebih memilih WP karena lebih full customize, mau diapain juga terserah kita. Dan ini juga berlaku pada platform/CMS lain yang berbasis self host seperti joomla, drupal dan yang lain. Kalau blogspot kan kita tidak bisa banyak customize.

      Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di sini ya 🙂

  3. ilmu baru nih shob ttg indeks blg kurang dari 24 jam tapi sayng barunya udah lama tapi kalu di share sama tman mungkin baru bgt

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*