5 Cara Jitu Meningkatkan Keamanan Komputer Mac

Komputer yang menggunakan Mac OS X selama ini dikenal mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi sehingga tidak mudah diserang oleh malware. Sehingga pengguna Mac OS X hingga saat ini telah mencapai jumlah lebih dari 100 juta di seluruh dunia. Namun kelebihan Mac OS X dalam hal keamanan tersebut seakan terpatahkan sejak merebaknya malware jenis trojan yang beberapa lalu telah menyerang jutaan komputer berbasis Mac OS X di seluruh dunia.

Mac OS X

Malware yang baru-baru ini membuat gempar para pengguna Mac OS X seperti Trojan Flashback dan varian dari virus DNS Changer telah menunjukkan bahwa Mac OS X juga masih mempunyai celah keamanan yang perlu diperbaiki. Karena itulah sebagai pengguna komputer berbasis Mac OS X Anda harus lebih berhati-hati untuk meminimalisir pemanfaatan celah keamanan Mac OS X agar tidak mudah diserang oleh malware.

Beberapa tips dibawah ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan komputer Mac OS X Anda:

1. Buat Akun Tambahan dengan Tipe Non-Admin

Secara default akun yang digunakan oleh pengguna Mac OS X dalam mengaksesnya adalah dengan hak Administrator. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya jika pada posisi tersebut komputer Anda terinfeksi oleh malware. Karena malware tersebut bisa melakukan serangan terhadap komputer hingga pada level Administrator.

Untuk menghindarinya disarankan untuk membuat akun tambahan yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan tipenya adalah non-admin. Anda bisa menambahkan akun baru dengan tipe non-admin tersebut melalui menu “Sistem Preference” kemudian masuk ke menu “Accounts”.

2. Gunakan Browser dengan Fitur Sandbox

Saat mengakses internet Anda bisa menggunakan browser yang mempunyai fitur sandbox atau sebuah mekanisme untuk menjalankan aplikasi dan ekstensi tertentu pada sebuah lingkungan tertutup. Misalnya bisa menggunakan Google Chrome seperti yang disarankan oleh perusahaan keamanan komputer Kaspersky.  Google Chrome dipilih karena mempunyai fitur sandbox yang bisa diaplikasikan pada ekstensi Flash Player yang kerap digunakan oleh para peretas untuk memasukkan program jahat.

3. Hapus Flash Player yang Terinstal Terpisah

Flash Player merupakan “pintu masuk” favorit para peretas yang akan menyerang sebuah komputer berbasis Mac OS X. Sehingga disarankan untuk menghapus instalasi Flash Player terutama versi lama, karena terdapat celah keamanan yang cukup berbahaya.

4. Perbaiki Instalasi Java

Sama halnya dengan Flash Player, Java juga berpotensi menjadi target dari para hacker. Menghapus Java adalah salah satu hal yang disarankan oleh Kaspersky. Gunakan update resmi Java dari Apple untuk mendapatkan file yang terpercaya.

5. Segera Update Saat Tersedia

Saat tersedia “Software Update” segeralah jalankan update tersebut. Software yang lama tidak diupdate belakangan ini sering dijadikan alternatif untuk melakukan serangan padan komputer berbasis Mac OS X.

Demikian 5 cara untuk meningkatkan keamanan pada komputer berbasis Mac OS X agar tidak mudah diserang oleh malware.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*