Dalam sebuah komputer ada komponen yang dinamakan kartu grafis atau biasa disebut dengan Video Graphics Adapter (VGA). Komponen VGA ini berfungsi untuk melakukan pemrosesan gambar agar dapat ditampilkan pada layar. Kinerja sebuah VGA seringkali perlu untuk ditingkatkan agar bisa memproses beberapa tampilan grafis dengan detail yang tinggi. Kemampuan sebuah VGA juga harus maksimal saat digunakan untuk menampilkan animasi atau efek-efek yang membutuhkan pemrosesan lebih tinggi.

Misalnya saat komputer digunakan untuk memainkan game dengan detail yang tinggi. Animasi di dalam game juga membutuhkan kinerja yang lebih tinggi dari sebuah VGA untuk melakukan pemrosesan. Karena itulah seringkali dilakukan upaya untuk memaksimalkan kinerja VGA atau sering disebut dengan overclocking VGA. Overclocking sendiri selama ini hanya dianggap meningkatkan kemampuan komputasi perangkat komputer terutama pada prosesor. Namun sebenarnya overclocking juga bisa diterapkan pada sebuah kartu grafis atau VGA.

Mengoptimalkan Kecepatan Download Torrent

Berikut ini tips untuk meningkatkan kinerja VGA dengan menggunakan software yang bernama RivaTuner. Dengan software ini kita bisa lebih leluasa dalam mengatur kecepatan dan daya tampung memory dalam sebuah kartu grafis. Selain itu pengontrolan kecepatan kipas atau heatsink fan pada VGA juga bisa dilakukan dari software RivaTuner ini. Untuk mendapatkannya Anda bisa mengunduhnya di sini http://www.softpedia.com/progDownload/RivaTuner-Download-6867.html.

Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan setting pada software RivaTuner untuk memaksimalkan kinerja kartu grafis.

  1. Instal software RivaTuner yang telah diunduh dari link yang disediakan diatas.
  2. Jalankan software RivaTuner dan Anda akan masuk ke halaman form utama pada tab “Main”. Lalu klik pada tanda panah “Customize” yang ada pada bagian “ForceWare Detected”, kemudian pilih ikon yang paling kiri.
  3. Masuk ke tab “Overclocking” dan centang “Enable drive-level hardware overclocking” lalu klik “Detect now”.
  4. Di laporan yang muncul Anda bisa melihat kecepatan kartu grafis atau VGS yang sedang berjalan saat itu.
  5. Ubah pengaturan dari “standar 2D” menjadi “performance 3D”, lalu naikkan nilai Core Clock dan Memory Clock sedikit demi sedikit sekitar 25-50 MHz untuk meningkatkan kecepatan VGA. Setelah itu klik Save lalu Apply.
  6. Sebagai tambahan masuk ke tab Fan dan ubah dari “auto control” menjadi “direct control”. Atur persentase kipas pendingin pada 60-80% kemudian tekan Save dan Apply.

Setelah melakukan semua setting diatas Anda bisa melakukan uji coba dengan memainkan game dengan detail yang cukup berat. Lihat apakah ada perubahan yang cukup berarti pada tampilan game yang Anda mainkan.