Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga terjadi pada perangkat mobile seperti handphone. Sehingga berganti hadphone adalah salah satu yang biasa dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi. Atau bahkan menambah jumlah handphone karena terkait dengan beberapa keperluan. Namun dari handphone lama tersebut Anda masih membutuhkan data kontak di dalamnya yang mungkin jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan lebih dari seribu kontak. Lalu bagaimana jika Anda ingin memindahkan semua daftar kontak tersebut ke dalam ponsel yang baru? Tentu akan sangat merepotkan jika jumlahnya sangat banyak.

Phone Book

Cara yang sering dilakukan untuk memindahkan phonebook atau daftar kontak adalah dengan memanfaatkan SIM card. Anda bisa masuk ke dalam menu phonebook lalu memilih semua daftar kontak untuk dipindahkan ke dalam SIM card. Setelah itu pindahkan SIM Card ke dalam ponsel yang baru dan lakukan langkah sebaliknya yaitu masuk ke menu phonebook, pilih semua kontak dan pindahkan ke memori ponsel. Meskipun cukup cepat, namun cara ini juga memiliki kelemahan terutama pada jumlah kontak yang cukup banyak karena sebuah SIM card mempunyai batasan kapasitas penyimpanan kontak sebanyak 250. Hal ini cukup merepotkan jika daftar kontak di phonebook Anda sangat banyak, lebih dari 500 misalnya.

Phonebook dari Internet ke HandPhone

Untuk itu bisa menggunakan cara kedua untuk memindahkan phonebook ke ponsel lain. Cara ini memanfaatkan Microsoft Outlook sebagai media sinkronisasi. Saat ini semakin banyak produsen ponsel yang merancang ponsel buatannya agar mudah disinkronisasikan dengan aplikasi Microsoft Outlook. Simak penjelasannya di bawah ini.

Contoh kasus pemindahan phonebook dari ponsel Nokia ke BlackBerry

  • Pastikan software Nokia PC Suite telah terinstal di komputer Anda. Jika belum silahkan unduh installernya langsung dari situs resmi Nokia dan dapat didapat secara gratis.
  • Setelah Nokia PC Suite terinstal, masuklah ke menu Synchronize kemudian pilih Setting
  • Saat keluar Select PC Application pilih Microsoft Outlook pada daftar yang tersedia, kemudian tekan Next
  • Setelah itu akan muncul perintah untuk memilih profil Outlook pada Outlook profile selection. Kemudian klik Select folder untuk menentukan folder yang akan dipakai untuk menyimpan data kontak, misalnya pada folder Contact, lalu klik OK.
  • Anda bisa mulai melakukan sinkronisasi kontak dengan memilih menu Update in both direction, Only update mobile phone to Microsoft Outlook, atau Only update Microsoft Outlook to mobile phone.
  • Setelah proses sinkronisasi selesai semua daftar kontak Anda akan masuk ke dalam Microsoft Outlook
  • Selanjutnya koneksikan ponsel BlackBerry ke PC dan buka aplikasi Desktop Manager for BlackBerry
  • Pilih tab Configuration lalu klik Configure synch
  • Centang pilihan Address Book kemudian tekan OK dan Synchronize now
  • Setelah itu akan muncul laporan jumlah kontak yang bisa disinkronisasikan dengan BlackBerry. Tekan Accept untuk memulai proses sinkronisasi. Saat proses tersebut selesai semua kontak yang ada di Microsoft Outlook telah ter-copy ke dalam ponsel BlackBerry Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sehingga anda bisa mengelola phone book dengan lebih baik. Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jika anda punya pertanyaan, janga ragu untuk reply komentar di bawah ini.