ReactOS, Sistem Operasi Open Source Dengan “Rasa” Windows

Dalam dunia komputer, sistem operasi merupakan bagian yang sangat penting sebagai sebuah platform agar berbagai aplikasi bisa dijalankan diatasnya. Sistem operasi Windows buatan Microsoft adalah salah satu aplikasi yang paling terkenal dan paling banyak dipakai oleh para pengguna komputer di seluruh dunia. Sehingga sistem operasi Windows juga sudah sangat familiar bagi para pengguna komputer. Kemudahan penggunaan merupakan salah satu faktor yang membuat Windows menuai sukses di seluruh dunia. Selain itu software untuk Windows saat ini juga sangat banyak hingga tidak terhitung lagi jumlahnya.

Open Source OS

Tetapi meskipun sudah digunakan oleh jutaan pengguna komputer termasuk di Indonesia, sistem operasi Windows juga menimbulkan sebuah kendala bagi para penggunanya. Yaitu terkait dengan harga lisensi Windows yang cukup tinggi sehingga banyak yang keberatan untuk membelinya. Di sisi lain pengguna sudah sangat terbiasa dalam menggunakan antarmuka dalam sistem operasi Windows, namun di sisi lain merasa terkendala dengan harga lisensi yang cukup mahal. Dari sinilah kemudian banyak yang menggunakan sistem operasi Windows non original atau bajakan.

Penggunaan Windows bajakan itulah yang menimbulkan masalah tentang pelanggaran hak cipta yang saat ini sudah sangat banyak di Indonesia. Apalagi jika sistem operasi Windows digunakan pada sebuah perusahaan atau instansi yang akan sangat rawan, terutama di tengah gencarnya pihak berwenang melakukan sweeping untuk mencari para pengguna komputer yang memakai Windows bajakan.

Karena itulah sebuah sistem operasi yang bersifat open source sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menghindari terjadinya pembajakan. Masalahnya adalah banyak pengguna yang sudah sangat terbiasa dengan aplikasi dan antarmuka di dalam sistem operasi Windows. Sehingga sistem operasi open source seperti Linux juga belum bisa mengakomodir kebutuhan pengguna.

Sistem operasi open source ReactOS dengan “rasa” windows

Di sinilah ReactOS hadir untuk memberikan solusi tersebut. ReactOS adalah sebuah sistem operasi open source yang mempunyai tampilan yang sangat mirip dengan Windows, terutama Windows 2000/XP/2003/NT. Dari pernyataan yang dikutip pada sistus resmi RactOS memang dikembangkan dengan model dialog dan antarmuka yang banyak menyerupai sistem operasi Windows. Hal ini ditujukan agar pengguna tidak perlu menyesuaikan diri lagi dengan antarmuka yang berbeda.

Winamp Reactor OS

Namun hingga saat ini disebutkan bahwa sistem operasi ini masih dalam tahap Alpha atau tahap yang masih membutuhkan penyempurnaan. Selanjutnya sistem operasi ReactOS ini akan lebih dikembangkan sehingga bisa sama persis dengan sistem operasi Windows sehingga akan lebh memudahkan pengguna komputer. Dengan memakai ReactOS ini pengguna bisa menggunakan komputer dengan antarmuka layaknya sistem operasi Windows namun tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, karena ReactOS ini bersifat open source.

Jika tertarik dengan sistem operasi gratis dengan “rasa” Windows ini, Anda bisa mengunduhnya dari situs resminya di siniĀ http://www.reactos.org/en/download.html

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang tentunya menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*