Dalam sebuah instansi atau perusahaan, pembagian koneksi internet kerap dilakukan untuk beberapa komputer. Banyaknya komputer client yang mengakses komputer juga membutuhkan pembagian koneksi yang sebanding atau merata. Demikian juga di sebuah warnet dengan jumlah komputer yang cukup banyak. Pembagian kecepatan koneksi internet harus dilakukan secara merata untuk masing-masing komputer agar tidak terjadi penggunaan bandwidth yang berlebihan untuk salah satu komputer saja.

Apalagi jika ada sebuah komputer client yang digunakan untuk mengunduh file yang berukuran cukup besar dari internet, maka bandwidth secara otomatis juga akan dialokasikan lebih banyak pada komputer tersebut. Akibatnya komputer lain yang juga mengakses internet akan mengalami penurunan kecepatan karena pembagian bandwidth koneksi internet tidak merata. Demikian juga saat digunakan untuk melakukan video streaming, bandwidth yang dibutuhkan juga akan menjadi lebih besar.

Membatasi kecepatan Download dan Upload dari Koneksi Internet

Belum lagi maraknya software download accelerator yang ditujukan untuk mempercepat pengunduhan file dari internet dengan mengumpulkan alokasi bandwidth yang lebih besar. Jika sudah begitu maka koneksi internet pada komputer lain juga akan tersendat.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sebuah pengaturan untuk membatasi kecepatan koneksi internet pada masing-masing komputer. Pembagian ini harus dilakukan secara merata agar tiap komputer juga mempunyai koneksi maksimal yang sama sehingga koneksi komputer lain tidak terganggu.

Salah satu software yang bisa digunakan untuk membatasi kecepatan internet pada masing-masing komputer secara lebih mudah adalah Shunra Nimbus. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana, tetapi mempunyai kemampuan yang cukup dalam membatasi kecepatan internet pada masing-masing komputer. Aplikasi ini menyediakan beberapa default batasan kecepatan koneksi internet yaitu 14.4, 28.8, 33,6, 56,0, 64,0, 128,0 dan 256,0. Semua angka tersebut dalam satuan Kilobit (Kb) dan bukan Kilobyte (KB). Satu Byte sama dengan 8 bit, sehingga jika Anda memilih batasan yang paling tinggi yaitu 256 Kbps berarti sama dengan 32 KBps.

Untuk menjalankan aplikasi Shunra Nimbus ini juga cukup mudah, yaitu cukup membuka aplikasi kemudian pilih setting batasan kecepatan yang Anda inginkan kemudian tekan tombol Play. Jika ingin membatasi kecepatan internet pada masing-masing komputer client, maka aplikasi ini juga harus diinstal pada semua komputer tersebut. Sayangnya aplikasi ini sudah tidak tersedia lagi di situs resminya. Namun Anda masih bisa mengunduh aplikasi Shunra Nimbus ini melalui link berikut ini.

Link download:

  • http://tecnologia.tiscali.it/download/scheda.php?id=nimbus.exe