Tips Menghemat Baterai Smartphone

Smartphone, atau yang sering diterjemahkan sebagai ponsel pintar berfitur canggih, seringkali memiliki kelemahan-kelemahan mendasar dalam hal penggunaan perangkat. Adalah daya tahan yang mudah terkuras akibat kebutuhan energi yang cukup besar oleh ponsel pintar itu sendiri. Hal ini memanglah wajar, fitur-fitur canggih yang dijalankan di dalamnya membutuhkan topangan daya yang tidak sedikit. Karena memang kita juga terbayarkan oleh kecanggihan smartphone.

Namun begitu, tetap saja kita akan merasa bosan atau bahkan jengkel sekalipun, akibat borosnya baterai ponsel pintar yang kita miliki. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menanggulangi atau mengatasi hal tersebut. Hanya beberapa di antara kita seringkali tak sadar akan hal itu. Di sini akan dijelaskan langkah-langkah atau petunjuk yang bisa menghemat daya tahan baterai smartphone. Berikut cara atau tips menghemat baterai smartphone.

 Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone

Sinyal Radio
Kerapkali kita tidak sadar dengan fitur yang satu ini, jikalau apabila terus menerus diaktifkan maka akan sangat berpotensi menguras energi baterai. Bagaimana tidak, fitur ini akan selalu mencari sinyal radio di mana tempat kita berada. Di dalam proses pencarian sinyal tersebut, tentu saja membutuhkan energi baterai yang cukup besar sehingga secara perlahan-lahan baterai kita akan cepat habis. Untuk mengatasinya, Anda tinggal menonaktifkan melalui pengaturan ponsel.

Fitur Getar
Fitur yang bernamakan vibrate ini secara familiar memiliki fungsi sebagai notifikasi dengan sistem getaran ponsel. Disaat menjalankan tugasnya, fitur getar akan sangat menguras energi baterai smartphone. Seperti kita ketahui bersama, getaran tentu saja tidak hanya membutuhkan sedikit tenaga atau daya, dan berbeda dengan fitur suara misalnya. Oleh sebab itu untuk menghemat baterai smartphone disarankan untuk tidak mengaktifkan fitur getar dalam hal notifikasi.

Aplikasi
Salah satu kelemahan smartphone adalah apabila kita membuka banyak aplikasi, lalu menekan tombol home maka kita akan keluar dari aplikasi namun secara sistem masih beroperasi. Sehingga baterai smartphone pun juga akan mengalami penurunan saat kita tidak menggunakannya sekalipun. Oleh sebab itu sebaiknya apabila Anda membuka aplikasi dan sudah tidak memerlukannya, maka tutup aplikasi tersebut. Atau jika tak perlu repot silakan masuk ke fitur aplikasi manajer lalu tutup semua aplikasi.

Demikian beberapa hal terkait penghematan baterai ponsel pintar yang dapat kami sampaikan. Semoga Anda bisa dengan mudah menerapkan cara di atas mengenai tips menghemat baterai smartphone.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*