iPhone telah menjadi sebuah smartphone yang banyak ditunggu-tunggu perkembangannya karena memiliki teknologi yang canggih sekaligus desain keseluruhan yang eksklusif. Produk-produk Apple memang telah lekat dengan kesan eksklusif, begitu juga dengan iPhone yang telah banyak mempunyai penggemar fanatik dari seluruh dunia. Hingga saat ada peluncuran iPhone versi baru mereka rela antri bahkan hingga berhari-hari menginap di depan stand yang akan menjual iPhone terbaru.

Tips dan Trik penggunaan iPhone

Tetapi cukup banyak juga diantara pengguna iPhone belum bisa memaksimalkan fungsi dan fitur canggih yang ada di dalamnya. Hal ini karena ada sebagian orang yang “latah teknologi” atau hanya ikut-ikutan dalam memakai sebuah teknologi baru.

Karena itu agar Anda tidak termasuk orang-orang tersebut, disini kami akan memberikan beberapa tips sederhana namun sangat berguna bagi Anda para pengguna iPhone.

Tips penggunaan iPhone

1. Mematikan koneksi 3G GPRS atau Edge

Masuk ke menu Setting > General > Network > Cellular Data Network. Pada kotak isian untuk APN, Username dan Password isi saja dengan sembarang kata agar tidak bisa terkoneksi dengan layanan internet lalu restart iPhone. Koneksi 3G GPRS atau Edge yang selalu aktif bisa menguras kuota data jika Anda memakai layanan koneksi data yang terbatas.

2. Membatasi Akses File

Anda bisa mengatur untuk membatasi hak akses pada sebuah file, misalnya file musik. Orang tua bisa membatasi akses terhadap file-file musik yang tidak pantas dilihat atau didengar oleh anak-anak. Atau Anda juga bisa dapat mematikan akses ke Youtube.

Masuk ke menu General > Restrictions lalu piih Enable Restrictions dan masukkan password 4 digit untuk memproteksi file Anda.

3. Memilih Akhiran Domain Lain dengan Cepat

Saat sedang mengetik sebuah alamat situs di address bar browser iPhone, Anda bisa menekan dan tahan tombol .com pada keyboard untuk memunculkan akhiran lain seperti .net, .org, dan lain-lainnya yang bisa Anda pilih untuk mempercepat mengetikkan alamat.

4. Mengambil Screenshot

Screenshot kerap dibutuhkan saat Anda hendak menyimpan tampilan layar. Ini bisa dilakukan dengan cara tahan tombol Home kemudian tekan tombol Power/Sleep dan layar iPhone akan berkedip dan tampilan layar saat itu akan tersimpan pada sebuah file gambar di Camera Roll.

5. Menyembunyikan SMS Preview

Saat fitur SMS ¬†Preview maka saat ada SMS baru hanya akan ada pemberitahuan ¬†“New Text Message”. Masuk ke menu General >Passcode Lock dan masukkan 4 digit password lalu matikan fitur Show SMS Preview.

Semoga tips penggunaan iPhone kali ini bisa bermanfaat untuk anda sehingga iPhone yang anda punya memiliki nilai lebih untuk penggunaan sehari-hari.