Semakin hari file yang kita simpan di dalam komputer juga semakin banyak. Jenis dan format file tersebut juga bermacam-macam. Mulai dari file-file office seperti Word dan Excel hingga file multimedia seperti MP3 dan beragam format file video. Untuk memudahkan dalam mengelola dan mencari file yang semakin banyak itu, kita seringkali membuat folder-folder khusus untuk menyimpan masing-masing jenis file. Pengelompokan ini tentu akan sangat membantu kita dalam mengenali jenis file pada masing-masing folder.

Folder Berwarna

Namun jika jumlah folder tersebut juga semakin banyak, maka untuk menemukan sebuah jenis file secara cepat tentu juga akan lebih sulit. Apalagi jika kita lupa nama folder tersebut karena cukup banyak folder yang ditampilkan. Untuk membantu kita agar lebih mudah menemukan folder yang kita cari, ada sebuah aplikasi yang bernama Rainbow Folder yang bisa menandai folder dengan jenis file tertentu dengan warna yang bisa ditentukan. Misalnya file musik memakai folder warna merah, file office folder biru, file foto folder hijau, dan lain-lain.

Anda bisa mengunduh software Rainbow Folder ini melalui link di sini http://download.cnet.com/Rainbow-Folders/3000-2195_4-10664272.html

Folder berwarna

Sedangkan untuk langkah penggunaan Rainbow Folder bisa Anda simak penjelasan di bawah ini.

  1. Install Rainbow Folder kemudian buka aplikasi.
  2. Cari folder yang akan diubah warnanya melalui folder browser yang ada bagian kiri. Anda juga bisa memilih lebih dari satu folder dengan memberi centang pada pilihan “Multiple select”.
  3. Tentukan warna folder yang telah dipilih dengan menggeser slider pada kotak Hue dan Saturation untuk memperoleh warna yang Anda inginkan. Atau jika ingin lebih cepat Anda bisa menekan tombol Random beberapa kali hingga di dapatkan warna yang sesuai menurut Anda.
  4. Selain mengubah warna folder, Rainbow Folder juga bisa mengganti ikon folder default. Anda bisa memilih pada bagian Style. Ada 3 pilihan style ikon yang bisa Anda pilih, yaitu Classical (9X), Typical (XP), dan Modern (Vista).
  5. Setelah memilih warna dan ikon folder Anda bisa  terlebih dahulu melihat tampilannya di bagian Preview sebelum mengaplikasikannya.
  6. Jika Anda sudah merasa puas dengan tampilan warna dan ikon folder maka Anda bisa menekan tombol Colorize, maka warna dan ikon pada folder yang Anda pilih akan segera berganti.

Dengan memanfaatkan Rainbow Folder ini Anda bisa mengelompokkan data dan file pada masing-masing folder dengan marna yang berbeda. Selain lebih rapi dan cantik, mewarnai folder Anda juga bisa mencari file dengan lebih cepat saat membutuhkannya hanya dengan memperhatikan warna folder.

Tags: