Saat sedang bekerja menggunakan komputer tiba-tiba komputer hang atau memproses sebuah instruksi program dengan sangat lambat, pasti kesal bukan? Hal ini memang kerap terjadi dan dialami oleh hampir setiap pengguna komputer. Penyebab komputer lambat memang ada berbagai hal, mulai dari software yang terinstal hingga kemampuan hardware yang dipakai tidak mampu mendukung kinerja aplikasi. Sehingga Anda harus melakukan beberapa langkah pengecekan untuk memastikan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab komputer lambat

Simak beberapa penyebab komputer lambat dan cara untuk mengatasinya di bawah ini.

1. Kurangnya memory

Komputer yang kinerjanya cukup lambat karena kurangnya memory memang cukup sering ditemui. Solusi satu-satunya memang hanya dengan menambah kapasitas memory atau RAM. Pastikan komputer Anda memiliki RAM yang cukup. Misalnya jika menggunakan sistem operasi Windows 7 dan menjalankan aplikasi standar office dan internet minimal Anda harus mempunyai RAM sebesar 1 GB agar komputer bisa bekerja dengan lancar.

2. Terlalu banyak program

Pengguna kadang tidak sadar telah melakukan begitu banyak instalasi program atau software pada komputer. Apalagi jika banyak menemui software yang bisa didapat secara gratis, maka para pengguna komputer tidak akan ragu untuk menginstalnya. Namun perlu diketahui bahwa semakin banyak program yang terinstal maka akan membuat komputer semakin lambat karena harus melakukan load terhadap lebih banyak file dan service dari masing-masing program. Solusinya adalah dengan menentukan aplikasi mana yang benar-benar Anda perlukan. Jika tidak maka akan lebih baik aplikasi tersebut Anda uninstal.

3. Terlalu banyak startup program dan service

Masalah ini masih berkaitan dengan banyaknya program yang diinstal padac komputer. Startup komputer yang cukup lama tentu akan sangat menyebalkan. Proses loading semua aplikasi dan service yang memakan waktu cukup lama juga akan cukup mengganggu. Untuk menentukan aplikais mana saja yang akan dijalankan secara otomatis saat komputer startup, pada sistem operafsi Windows Anda bisa masuk ke Start > Run, kemudian ketikkan “msconfig”. Di tab Startup Anda bisa memilih aplikasi dan proses apa saja yang akan dijalankan saat baru pertama kali menyalakan komputer.

4. Masalah pada harddisk

Harddisk juga bisa menyebabkan komputer lambat jika

  • Low space > Solusinya adalah dengan menambahkan harddisk baru dengan kapasitas yang lebih besar.
  • File terfragmentasi > Solusinya dengan melakukan defragmentasi untuk merapikan susunan file.
  • Usia harddisk cukup tua sehingga RPM menurun > Solusinya mengganti dengan yang baru atau sebisa mungkin menghindarkan harddisk dari debu dan goncangan untuk menjaga keawetannya.
  • Error / Bad sector > Solusinya perbaiki harddisk dengan beragam tool yang tersedia untuk melakukan checkdisk