File PDF adalah sebuah format file yang sudah sangat umum kita temui dan menjadi banyak standar format file dalam berbagai macam keperluan penyampaian informasi. Mulai dari buku petunjuk digital atau manual book dari sebuah software atau driver, berbagai macam, ebook, karya ilmiah, brosur produk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

PDF

Tidak jarang juga laporan dari sebuah perusahaan yang akan dilaporkan ke direksi juga harus disimpan dalam format PDF terlebih dahulu. Atau tugas kuliah membuat makalah yang disimpan dalam format PDF agar tidak bisa diubah lagi dan tidak mudah disalahgunakan oleh orang lain. Begitu banyak aktifitas yang berkaitan dengan file PDF ini sehingga ada banyak kebutuhan yang kemudian berkaitan dengan file tersebut. Salah satunya adalah mengkompres file PDF agar ukurannya menjadi lebih kecil.

Sebagai contoh laporan perusahaan yang terdiri dari puluhan halaman disertai gambar dan grafik yang cukup banyak akan membuat ukuran file PDF yang dihasilkan membengkak. Suatu saat Anda harus mengirimkannya melalui email sebagai attachment. Agar lebih cepat dalam proses melampirkan file tersebut Anda pasti menginginkan agar ukuran file PDF bisa menjadi lebih kecil dan satu-satunya cara adalah melakukan compressing pada file tersebut.

Free PDF Compressor

Salah satu software yang cukup mudah digunakan untuk mengkompres file PDF adalah Free PDF Compressor. Aplikasi ini selain mudah digunakan juga tersedia secara gratis. Anda bisa mengunduhnya di sini http://nicepdf.com/PDFCompressor.exe.

Setelah itu ikuti langkah penggunaannya berikut ini

  1. Buka aplikasi Free PDF Compressor.
  2. Pilih file PDF yang akan dikompres, kemudian tekan Next.
  3. Setelah itu klik Check now untuk mengecek apakah file PDF tersebut terenkripsi atau tidak. Hal ini untuk memaksimalkan hasil kompresi. Lalu tekan Next.
  4. Pilih algoritma dan level kompresi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada saat penulis melakukan ujicoba tidak terdapat perbedaan yang terlalu besar diantara beberapa pilihan tersebut (mungkin karena file PDF yang dipakai berukuran cukup kecil).
  5. Pilih lokasi penyimpanan dari file PDF hasil kompresi.
  6. Kemudian tekan Next untuk memulai proses kompresi.
  7. Software Free PDF Compressor akan menunjukkan ukuran setelah dikompresi saat proses telah selesai.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah software Free PDF Compressor ini cukup efektif dan bisa mengkompres file PDF hingga berukuran sekitar 65% dari file aslinya.