Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri dan Cara Mengatasi

Saat sedang mengerjakan sebuah tugas penting, tiba-tiba komputer restart sendiri, pasti kesal bukan? Mungkin Anda juga pernah mengalami kejadian tersebut. Komputer yang sedang digunakan secara mendadak restart sehingga banyak hasil kerja yang belum tersimpan menjadi hilang sia-sia. Tentu kita juga tidak ingin hal tersebut terulang lagi, sehingga pengecekan komputer harus dilakukan untuk mencegahnya terjadi kembali.

Komputer sering restart

Simak beberapa penyebab komputer sering restart sendiri dan cara mengatasinya di bawah ini.

1. Prosesor Terlalu Panas (Overheat)

Penyebab komputer sering restart yang paling umum terjadi adalah karena prosesor terlalu panas atau overheat. Anda bisa dengan mudah melihatnya pada menu Hardware Monitor di dalam sistem BIOS.

Cara mengatasinya :

  • Pastikan kipas prosesor berjalan dengan baik.
  • Periksa apakah thermal paste (pasta pada prosesor) kering. Bersihkan kemudian tambahkan thermal paste yang baru.
  • Bersihkan unit heatsink atau pendingin pada prosesor dari debu
  • Pastikan kipas lainnya pada casing berfungsi dengan baik dan sirkulasi udara berjalan dengan lancar.

2. Kurangnya Daya Pada Power Supply

Kekurangan pasokan daya dari power supply juga dapat menyebabkan komputer sering restart. Prosesor yang tidak mendapat daya yang cukup akan menyebabkan restart komputer.

Cara mengatasinya :

  • Ganti dengan power supply yang terbukti bekerja baik pada komputer lain.
  • Jika memang bisa berjalan normal maka gantilah dengan power supply baru.
  • Untuk komputer standar saat ini, sebaiknya gunakan power supply dengan kapasitas daya minimal 530 watt.

3. Harddisk Bad Sector

Kerusakan pada harddisk juga sering menjadi penyebab komputer sering restart karena terjadinya kegagalan pembacaan data pada harddisk.

Cara mengatasinya :

  • Lakukan scanning atau check disk dengan fitur bawaan Windows atau software lainnya, dan perbaiki jika ada kerusakan seperti bad sector.
  • Usahakan untuk melakukan defragment pada harddisk untuk merapikan susunan file dan mencegah harddisk cepat rusak. Selain itu hindarkan juga dari goncangan.

4. RAM Rusak

Kerusakan pada RAM juga sering menjadi penyebab komputer restart. Kegagalan penyimpanan atau pembacaan memory pada RAM akan menyebabkan komputer restart sendiri.

Cara mengatasinya :

  • Pasang RAM yang terbukti berfungsi dengan baik pada komputer.
  • Jika bisa berjalan normal maka langkah yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Demikian penjelasan mengenai beberapa penyebab komputer sering restart sendiri beserta cara mengatasinya agar Anda tidak dibuat kesal karena tugas penting hilang karena komputer tiba-tiba restart.

17 Comments on Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri dan Cara Mengatasi

  1. makasih kakak, postingnya ngebantu banget, komputer aku suka restart sendiri, aku kira kena virus lokal, rupanya ada penyebab lain, thanks..

  2. Kenapa laptop saya hanya bisa menampilkan logo windows saja tanpa berhasil masuk? Sebelumnya leptop saya pakai untuk game, lalu mati sendiri karena overheat (ini kasus lama sebenarnya, hanya saya belum sempat untuk men-service-nya).

    Langkah apa yang harus saya lakukan selain menambahkan pasta ke prosessor? Dan jika memang perlu, ke mana saya harus mencarinya?

    Terimakasih dan salam.

    • @anoew: Kalau tidak bisa masuk Windows, coba install ulang Windows-nya. Kalau untuk kepanasan, coba tambahkan kipas tambahan pada bagian casing, processor dan termasuk tambahkan pasta (kalau memang perlu). Dan juga, pastikan alumunium pendingin processor memang berkualitas.

  3. @ahmad sukses kalo ente jago di teknologi.com mending jadi it ajah di perkantoran

    misal ,y di kontraktor kn bnyak butuin tenaga it betul gx

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*