8 Tips Untuk Menghindari BlackBerry Lemot

Ponsel BlackBerry sudah sangat umum digunakan oleh berbagai kalangan di Indonesia. Popularitas BlackBerry juga tidak terlepas dari aplikasi instan messagingnya yaitu BlackBerry Messenger atau yang lebih dikenal dengan sebutan BBM. Namun beberapa pengguna BlackBerry merasa bahwa semakin hari ponsel mereka semakin lemot dan sering muncul jam pasir saat membuka sebuah aplikasi atau bahkan hanya membuka foto yang dibagikan oleh teman melalui BBM. Kalau sudah begitu tentu Anda menjadi kesal bukan? Jangan khawatir, Anda bisa menerapkan beberapa tips mudah berikut ini untuk mencegah BlackBerry yang Anda miliki menjadi lemot.

Blackberry Lemot

1. Instal Aplikasi Yang Penting Saja

Hampir sama dengan perangkat lainnya, kini aplikasi untuk platform BlackBerry juga semakin banyak. Sehingga pengguna juga akan “tergoda” untuk menginstalnya. Bijaklah dalam memilih aplikasi yang benar-benar Anda perlukan atau hanya ikut-ikutan.

2. Batasi jumlah Group di BBM

Jumlah Group di BBM juga akan membutuhkan memory yang lebuh besar untuk memprosesnya, karena setiap ada pembaharuan dari Group tersebut juga akan disampaikan notifikasi pada handset BlackBerry Anda.

3. Lakukan Clear Chat

Setiap Anda selesai melakukan chat tutuplah semua jendela atau tampilan dari setiap room chat. Room chat yang semakin bertumpuk di BBM juga akan membebani kinerja BlackBerry.

4. Lakukan Host Routing Table (HLT)

Untuk melakukannya Anda bisa mengaksesnya dari menu Tekan Menu BB -> Options -> Advanced Options -> Host Routing Table -> Menu BB -> Register Now

5. Hapus Pesan Yang Tidak Terpakai

Jika Anda menyimpan cukup banyak pesan baik YM, FB dan email maka Anda harus segera menghapus pesan yang tidak diperlukan, hal ini akan mengurangi beban loading pada BlackBerry.

6. Hapus Log

Untuk membersihkan log bisa dilakukan dengan kombinasi tombol alt+LG+LG -> Menu BB -> Clear Log.

7. Hapus Cache Browser

Semakin sering Anda browsing menggunakan BlackBerry maka akan semakin banyak “sampah” berupa file cache yang tersimpan, sehingga secara rutin harus dihapus. Caranya adalah melalui Menu BB -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history.

8. Bersihkan Memory

Membersihkan memori juga penting untuk menghilangkan “sampah” dan menyediakan ruang yang cukup untuk kebutuhan pemrosesan aplikasi. Caranya sebagai berikut

Untuk BlackBerry Bold

  • Tekan Menu BB -> Options -> Security Options -> Advanced Security Options -> Memory Cleaning
  • Kemudian ubah status ENABLED -> Tekan Menu BB -> Clean Now.
  • Tunggu hingga ada konfirmasi bahwa proses cleaning telah selesai.

Untuk BlackBerry Gemini dan Curve

  • Tekan Menu BB -> Options -> Security Options -> Memory Cleaning -> Ubah status ke posisi ENABLE -> Menu BB -> Clean Now.

Demikian beberapa tips untuk mencegah ponsel BlackBerry lemot dan tidak membuat Anda kesal karena terus-menerus menemui jam pasir saat membuka aplikasi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*