Tips Sehat di Depan Komputer

Perangkat yang notabene memiliki bagian dengan sebutan layar monitor seperti komputer, laptop, netbook dll memang tak bisa lepas dari keseharian. Tentu hal ini menyangkut masalah profesi, di mana di dalamnya terbesit ketentuan yang mana mengharuskan kita untuk berhadapan dengan perangkat berlayar monitor dalam jangka waktu yang lama. Bahkan bukan hanya satu atau dua hari, melainkan berminggu-minggu atau selama kita menjalankan profesi yang selama ini menjadi pilihan dan andalan utama.

Mengoreksi kebiasaan berhadapan dengan layar monitor dalam keseharian kita memang tidak terlepas dari dampak buruknya. Ada beberapa hal, seperti misalnya gangguan penghilatan, yang mana sangat rentan terjadi apabila kita sering menatap layar monitor. Tidak hanya itu, efek lainnya seperti kram pada bagian tangan akibat terus beraktivitas, gangguan tulang punggung akibat salah duduk, dan lain sebagainya pun juga turut menjadi ancaman. Apabila aktivitas bersama layar monitor terus dilakukan tanpa ada tindakan khusus, maka dampak yang lebih parah bukan tidak mungkin terjadi.

Menilik beberapa solusi mengenai hal ini, butuh kesadaran dari kita sendiri. Apabila Anda termasuk di dalam orang-orang yang sering berhadapan dengan layar monitor dalam kesehariannya, maka Anda pun patut waspada. Pun halnya Anda juga diharuskan untuk mengetahui beberapa hal penting terkait kendala dan dampak buruknya akibat kebiasaan tersebut. Berikut ini tips sehat di depan komputer yang bisa Anda terapkan guna menghindari hal-hal buruk yang telah disebutkan tadi.

Tips Sehat di Depan Komputer

Lakukan Peregangan
Peregangan sangatlah perlu dilakukan agar tidak terjadi kram pada bagian-bagian tertentu di tubuh kita. Adalah leher, tangan, dan kaki yang mana perlu dilakukan peregangan setiap kali beroperasi dengan yang namanya komputer/laptop. Selain itu, perhatikan pula posisi Anda, jangan sampai tangan dan kaki berpaku pada satu tumpuan. Melainkan Anda disarankan untuk berpindah-pindah posisi tangan dan kaki (bukan tempat duduk) agar terasa lemas dan fleksibel.

Penambahan Porsi Olahraga
Tentu kita tahu bahwa saat berhadapan dengan layar monitor maka tubuh kita akan sulit bergerak. Mulai dari bagian atas hingga bawah, berlama-lama dalam satu posisi menyebabkan otot akan sangat sulit kembali seperti semula. Di mana pergerakan tubuh sangatlah ringan dan mudah dikendalikan. Solusinya untuk hal ini, tambahlah porsi olahraga Anda agar otot-otot tubuh Anda terasa rileks dan tidak tegang serta lebih sehat.

Posisi Benar
Saat di depan monitor, usahakan untuk selalu memperhatikan betul yang namanya posisi duduk. Mengapa demikian? Seperti yang diutarakan tadi di awal, apabila salah duduk maka fatal akibatnya. Selain itu, atur juga pandangan mata Anda terhadap layar monitor, jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh. Selebihnya, perhatikan bagian bahu Anda agar tetap rileks saat beroperasi di depan layar monitor dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah beberapa hal penting yang dapat kami sampaikan kepada Anda para aktivis di depan komputer. Diharapkan untuk selalu waspada agar tidak terjadi dampak buruk, yang mana solusinya adalah dengan menerapkan ulasan di atas mengenai tips sehat di depan komputer.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*