LCD laptop merupakan sebuah komponen output yang sangat penting dalam sebuah laptop atau notebook. Bagaimana tidak, di LCD inilah semua output dari laptop akan ditampilkan, sehingga jika komponen ini rusak maka otomatis laptop tidak akan bisa dipakai sama sekali. Kerusakan LCD tidak seperti kerusakan bagian lain yang menyusun sebuah laptop, karena jika sudah rusak maka kemungkinan besar cara penanganannya adalah dengan cara diganti.

Cara merawat LCDKerusakan LCD laptop sendiri juga bisa disebabkan oleh banyak hal, namun bisa terbagi menjadi dua penyebab utama yaitu cacat produk dari pabrik atau karena penggunaan yang kurang benar. Untuk masalah yang pertama memang tidak banyak yang bisa dilakukan, karena memang LCD sudah mengalami cacat sedang pembuatan, sehingga bisa dibilang bahwa kerusakan yang akan terjadi hanya tinggal menunggu waktu.

Sedangkan faktor penyebab rusaknya LCD laptop yang kedua bisa diminimalisir dengan cara penggunaan dan perawatan yang benar.

Sedangkan untuk jenis masalah atau kerusakan yang sering dialami oleh LCD laptop juga beragam, misalnya tampilan yang bergaris, bergetar naik turun, warna yang semakin pudar, hingga hilangnya warna tertentu yang tidak bisa ditampilkan oleh LCD atau biasa dikenal dengan istilah missing color. Masalah tersebut umum dialami oleh LCD yang masih menggunakan backlight berupa neon atau inverter. Jika sudah mengalami gejala biasanya kerusakan semakin lama jugua akan semakin parah, dan satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.

Berikut ini cara merawat LCD laptop yang benar, sehingga akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

  1. Hindari penggunaan laptop atau notebook selama lebih dari 3 jam secara berturut-turut. Panasnya suhu LCD akan berpengaruh pada sel liquid dan komponen lain yang ada di dalamya. Jika terlalu lama terkena panas maka akan cepat aus atau rusak. Solusinya adalah dengan mematikannya sekitar 10-15 terlebih dahulu baru kemudian menyalakannya lagi.
  2. Atur brightness dan contrast layar LCD pada level menengah dan cukup terang untuk bisa dibaca.
  3. Hanya gunakan cairan khusus pembersih LCD untuk membersihkannya secara teratur dan jangan gunakan cairan lain terutama yang bersifat keras atau dapat merusak bahan LCD.
  4. Pada menu Power Option di dalam Windows aturlah agar dalam waktu beberapa menit LCD akan mati sehingga bisa menghemat energi sekaligus mengurangi waktu nyala LCD.

Semoga artikel cara melawat LCD laptop ini bisa bermanfaat untuk anda sehingga LCD anda bisa lebih awet dan tahan lama.