Mengingat banyak sekali pengguna internet di Indonesia yang mengeluh, kenapa koneksi internetnya lambat, berikut ini beberapa hal yang menyebabkan koneksi internet jadi lambat. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mempercepat koneksi internet yang bisa anda terapkan di mana saja, termasuk di tempat anda sendiri.

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Perlu diingat, tips ini berdasarkan pengalaman pribadi, mulai mengenal internet, bekerja sebagai operator dan teknisi warnet, sampai menjadi freelancer online yang tentunya masih behubungan dengan koneksi internet.

Berikut ini tips dan trik bagaimana cara meningkatkan kecepatan koneksi internet:

1) Upgrade ke paket yang lebih tinggi.

Dari semua pengalaman penulis, trik ini adalah trik yang paling ampuh untuk memaksimalkan kecepatan koneksi internet. Suatu contoh, jika anda sebelumnya anda berlangganan paket internet silver (Untuk pengguna Smart), maka sebaiknya anda upgrade ke paket platinum yang memang lebih cepat.

Paket Internet Cepat dan Unlimited

Dari poin pertama ini dapat disimpulkan, semakin mahal paket internet maka akses yang dihasilkan akan semakin cepat.

2) Pastikan sinyal di tempat anda mumpuni.

Kalau pada poin pertama sudah anda lakukan tetapi koneksi intenet anda masih terlalu lambat, coba periksa kondisi sinyal di tempat anda. Jika anda menggunakan GSM, pastikan di tempat anda setidaknya sudah berada di 3G area, lebih bagus lagi kalau anda mendapat sinyal HSDPA. Jika menggunakan modem CDMA, pastikan anda sudah berada di area EVDO.

Jika anda tidak memenuhi syarat ini, solusi terbaik adalah pindah lokasi di mana anda bisa mendapat kesua sinyal tersebut. Kalau memungkinkan (Dan memang karena kebutuhan internet anda yang terlalu penting), anda bisa pindah rumah ke lokasi di mana ada sinyal 3G atau EVDO.

Sinyal Koneksi Internet 3G dan EVDO

3) Pastikan modem dalam keadaan baik.

Jika dua kondisi di atas sudah terpenuhi tapi masih lambat juga, coba periksa modem anda apakah sudah memenuhi standar modem yang cepat atau belum. Jika belum, mau tidak mau jalan terbaik adalah dengan membeli modem baru yang lebih berkualitas. Dan modem lama bisa anda hibahkan ke orang yang lebih berhak.

4) Pastikan komputer, laptop, netbook anda berjalan cepat.

Koneksi internet anda masih belum cepat juga? Kalau sudah begini, coba periksa kondisi komputer, laptop atau netbook anda. Ada kalanya, komputer yang lambat akan membuat koneksi internet anda menjadi lambat.

Jika memang demikian, solusi terbaik adalah upgrade hardware anda, bisa dengan upgrade semua komponen (Jika memang diperlukan) atau upgrade beberapa device saja. Contohnya, dengan memasang RAM tambahn atau install ulang system agar lebih fresh dibadingkan dengan sebelumnya.

5) Pastikan aplikasi pada komputer tidak terhubung ke internet secara sembunyi-sembunyi.

Semua poin di atas sudah tidak ada masalah, tetapi kenapa masih lambat jua? Bisa jadi ada aplikasi/program dalam komputer yang membuat koneksi internet menjadi lambat. Biasanya hal ini disebabkan oleh aplikasi seperti Anti Virus, Operating System atau aplikasi lain yang melakukan update secara otomatis tanpa sepengetahuan anda.

Untuk mensiasatinya, pastikan anda menonaktifkan semua program yang biasa update secara otomatis agar tidak update lagi. Khusus untuk Windows 7, anda bisa baca artikel bagaimana cara menonaktifkan Auto Update Windows 7 yang merupakan bagian dari blog ini juga.

Jika semua trik di atas sudah anda lakukan tetapi koneksi internet anda masih lambat juga, coba tuliskan cerita anda dan penulis akan dengan senang hati akan mencarikan solusi terbaik agar koneksi internet anda bisa lebih cepat dari sebelumnya.

Lalu, bagaimana cara mempercepat koneksi internet jika menggunakan koneksi speedy? Apa ada trik khusus yang bisa dilakukan? Atau, adakah cara untuk mempercepat koneksi internet tanpa mengeluarkan biaya yang mahal? Tunggu saja dan ikuti terus artikel di sini, akan penulis update bagaimana cara mempercepat koneksi internet dengan biaya yang murah meriah.