Seringkali jika kita sudah berurusan denga Memory, pastilah kita berurusan dengan RAM. Apa itu RAM? RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory merupakan sebuah tempat daya tampung untuk berbagai macam data yang sedang anda simpan. RAM biasanya dalam sebuah sistem operasi komputer selalu bekerjasama dengan hardisk. RAM biasanya berperan dalam membuffer bagi semua aplikasi-aplikasi yang hendak kita jalankan.

Merawat CPU Komputer

Jika RAM dalam membuffer aplikas-aplikasi tersebut kurang maka bisa dimungkinkan hard disk juga kecepatannya kurang dalam mengeksekusi setiap perintah yang anda jalankan pada komputer ataupun laptop. Sedang kecepatan buffer itu sangat berpengaruh pada kecepatan dan kenyamanan aplikasi yang anda jalankan.

Jadi jika terlalu banyak buffer yang tersimpan dalam hard disk, komputer akan terasa menjadi lambat, dan semakin lambat, disamping itu akan membebani hardisk dengan kerja yang super berat. Karena buffer membutuhkan akses yang cepat dan berulang-ulang.

Nah, dikesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit tips kepada anda tentang cara merawat RAM pada CPU komputer:

  1. Siapkan penghapus kertas dan kuas.
  2. Jangan lupa cabut kabel power dari STEKER,
  3. Pertama cabut RAM (DDR/SDR) di PC anda, Selanjutnya bersihkan benkRAM/tempat melekatnya RAM(memori) anda dengan kuas, untuk RAM yang tidak terbaca atau terbaca sebagian, siapkan penghapus pensil.
  4. Gosok bagian tembaga yang berwarna yang digunakan untuk menempelkan pada Motherboard sampai benar-benar tidak ada kotoran atau ada bekas karat. Setelah selesai tempelkan kembali RAM ke PC, lalu hidupkan PC anda.

Sangat mudah bukan? Tetapi, meskipun bisa dipraktekkan dengan mudah tetapi tetaplah berhati-hati terutama jika anda bukan seorang ahli komputer yang terbiasa membongkar komputer.