Cara Instal, Uninstal dan Update Aplikasi Windows 8 Lewat Windows Store

Cara instal Aplikasi di sebuah perangkat komputer bagi sebagian orang, terutama bagi orang yang awam yang jarang mengetahui sisi dalam dari sebuah sistem operasi perangkat komputer kebanyakan sulit dilakukan atau dipraktekkan. Jadi hal yang cukup mudah, seperti cara instal aplikasi pada perangkat komputer terasa sulit atau tidak mudah dan perlu waktu untuk memahaminya dan mempraktekkannya secara langsung dan sendiri, apalagi bila aplikasi tersebut diunduh dari internet.

Kini cara instal aplikasi-aplikasi yang ada di internet tersebut bisa dilakukan dengan cukup mudah di Windows 8, sistem operasi terbaru besutan Microsoft. Dan kemudahan tersebut tidak kalah dengan kemudahan dan kecanggihan yang terdapat pada sistem operasi Mac. Cara instal aplikasi pada Windows 8, hampir sama dan mudahnya seperti yang ada pada sistem operasi Mac, yaitu dengan cara melalui menu Windows Store pada Windows 8. Tetapi untuk bisa menggunakan menu Windows Store, kita diharuskan mempunyai koneksi internet pada perangkat komputer kita dan Microsoft Account. Nah, kita langsung saja membahas bagaimana cara instal aplikasi, cara update aplikasi dan cara uninstal aplikasi pada Windows 8 ;

Cara Instal Aplikasi di Windows 8 OS

Perlu diingatkan sekali lagi, untuk cara instal aplikasi melalui Windows Store yang ada pada sistem operasi terbaru Windows 8, diwajibkan terkoneksi internet dan memiliki akun Microsoft.

  • Langkah pertama untuk cara instal aplikasi di windows 8 melalui menu Windows Store adalah dengan membuka menu start screen lalu klik plilihan Store.

  • Setelah diklik Store, akan keluar atau muncul list aplikasi-aplikasi berdasarkan kategori. Atau  Anda bisa pilih aplikasi yang ingin Anda instal di Windows 8 komputer Anda secara langsung dengan mengetikkan aplikasi yang ingin Anda cari.
  • Setelah dapat aplikasi, buka aplikasi tersebut untuk dapat melihat atau membaca penjelasan lebih lanjut lagi, dan jika Anda yakin aplikasi itu yang sesuai yang Anda inginkan, maka klik pilihan Install.

  • Kemudian tunggulah sampai proses instal selesai atau finish. Lamanya proses instal aplikasi ini, tergantung dari besarnya ukuran size dari aplikasi.
  • Setelah selesai, Anda bisa mengakses aplikasi yang barusan terinstal melalui Strat Screen.

Nah, cara instal aplikasi melalui Windows Store di Windows 8 telah selesai, sekarang kita akan membahas cara mengupdate aplikasinya.

Cara Update Aplikasi di Windows 8 OS

Sebenarnya cara update aplikasi ini sangat mudah. Bila aplikasi telah ada versi updatenya, maka akan muncul notifikasi update aplikasinya.

  • Langkah pertama untuk update aplikasi, hampir sama dengan cara instal aplikasi di atas. Yaitu dengan membuka menu Windows Store, lalu klik pilihan Update yang ada di pojok kanan atas menu Windows Store.
  • Kemudian klik pilihan Install untuk bisa mengupdate aplikasi. Dan tunggulah sampai proses update selesai.

  • Setelah proses tersebut selesai atau finish, maka berarti aplikasi telah terupdate otomatis.

Bahasan cara instal aplikasi dan updatenya di Windows 8, telah selesai kita bahas, Dan sekarang kita akan membahas cara uninstal aplikasi  pada Windoows 8.

Cara Uninstal Aplikasi di Windows 8 OS

Jika Anda merasa sudah tidak memerlukan aplikasi yang  telah ada atau terinstal pada Windows 8, Anda bisa menghilangkannya atau menghapusnya dengan cara meng-uninstal aplikasi tersebut. Dan cara untuk meng-uninstal sebuah aplikasi sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut;

  1. Pilih aplikasi yang Anda hilangkan dari Windows 8 komputer Anda, lalu klik kanan kemudian klik pilihan Uninstall.
  2. Setelah itu, aplikasi tersebut akan hilang dari Windows Anda secara total. Dan bila Anda  membutuhkannya lagi, Anda bisa mengawali lagi dari cara instal aplikasi melalui Windows Store pada sistem operasi Windows 8 komputer Anda.

Cara untuk meng-unistal aplikasi ini bisa dilakukan juga dengan cara langsung melalui Start Screen. Dan sebagai catatan penting  bahwa di Windows 8 ini, Anda dapat mengakses semua aplikasi hanya dengan cara menekan shortcut Windows + Q.

Demikianlah bahasan tentang cara instal aplikasi, update aplikasi dan cara meng-uninstalasi aplikasi pada sistem operasi terbaru besuta Microsoft ini. Semoga bermanfaat.

16 Comments

  1. Bos, kalau laptop advan p3n 51125. Intel pineview-d /memori 1gb ddr2 /250gb HDD stroge, bisa menginstal / bs menjalankan windows 8 tidak bos. Terima kasih banyak.

  2. Saya pake Nokia Lumia 520, setelah direstar gak bisa mengunduh aplikasi di bursa aplikasi gimana caranya Agar bisa mengunduh aplikasi di bursa aplikasi lagi.

    • @panji: Wah, mohon maaf, kalau yang seperti itu belum pernah mengalami, jadi kurang tahu solusi terbaiknya. Mungkin anda bisa bawa ke service center resmi dan menanyakan prihal restart Nokia Lumia 520.

      Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Kapan-kapan mampir ke sini lagi ya.

  3. mas bro ane punya masalah dengan laptop ane merk lenovo Recovery error code 0xc000000f layar nay dah ga bisa diapaapain lagi blue sctreen

    mohon solusinya

  4. Assalamualaikum permisi gan , ane mau tanya cara instal hp samsung GT-C3222 untuk aplikasi play store android gimana caranaya??? Thanks

  5. Ribet enk android tinggal klik2 aplikasi. Bisa diinstal smua…. ini mah bli hp mhal tp wat sms tlp doank…

  6. Ass,
    Permisi minta tolong
    Barusan akun FB saya tidak bisa dibuka: “akses dilarang IP jelek”. Saya sudah matikan PC dan nyalakan kembali, tetap tidak bisa. Saya sudah cari di penjelasan di atas untuk membukanya tetapi tidak ketemu.
    Tolong bagaimana cara mengembalikannya

    Terimakasih sebelumnya

    Tosman

  7. Gan , lumia saya ga bisa akses bbm
    Muter melulu ga masuk masuk
    Udh sejam saya nunggu ttp aja muter
    Solusi nya apa gan ?
    Mohon bantuan

  8. Om bbmku bisa dibuka, tapi ada tulisan find friends on hbm dan skip, aku Touch yang find friends on bbm, terus loading mulu bbmnya om, nggak ke buka buka.
    di Nokia lumia 520.
    tolong kasih tau penyebab dan solusinya om. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*