Avira, Anti Virus Gratis Terbaik 2012

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, baik itu keperluan sendiri (Menggunakan komputer dan laptop di rumah) atau saat melayani orang-orang yang meminta bantuan untuk service komputer dan laptop.

Avira, Anti Virus Gratis Terbaik 2012

Dari sekian banyak Anti Virus gratis yang pernah saya coba, sampai saat ini penulis masih setia dengan satu AntiVirus yaitu Avira. Avira sendiri didistribusikan dalam dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Tetapi, untuk versi berbayar sampai saat ini saya belum pernah menggunakannya karena penulis merasa versi gratispun sudah lebih dari cukup untuk menangani virus yang beredar di internet. Selain itu, harganya yang cukup mahal untuk ukuran kantong penulis, menjadikan Avira versi gratis tetap menjadi pilihan terbaik untuk menangani virus yang beredar.

Beberapa keunggulan yang dimiliki jika dibandingkan dengan yang lain (Referensi dari pengalaman sendiri, bukan dari website resmi atau website lain):

  • Penulis belum pernah menemukan, laptop dan komputer crash dan hang gara-gara Anti Virus Avira.
  • Penulis belum pernah menemukan ada “data” yang corrupt (Baik itu word, excel) yang corrupt gara-gara anti virus ini.
  • Penjadwalan scan yang optimal dan minim resource (Tidak memerlukan banyak kinerja yang terlalu banyak baik itu processor atau RAM dari system Windows).
  • Bisa berjalan lancar pada versi Windows (Penulis sendiri menggunakan Windows XP Professional pada komputer dan Windows 7 Professional pada laptop).
  • File yang sudah discan tidak langsung di delete atau di karantina sehingga kita bisa memilih apa yang akan dilakukan pada file yang sudah di scan.

Anti Virus Gratis Terbaik

Dari semua hal di atas, ada beberapa hal yang perlu penulis sampaikan prihal penilaian tentang Avira:

  • Komputer dan laptop selalu terhubung ke internet sehingga setiap system Windows menyala maka Anti Virus Avira akan melakukan update otomatis ke website resmi, baik itu database anti virus maupun engine dari antivirus itu sendiri.
  • Penulis bukanlah seorang gamers sehingga Avira mungkin bukan pilihan tepat jika anda adalah seorang gamers (Kebutuhan anti virus kadang berbeda untuk setiap penggunaan komputer).
  • Pada kedua system windows (Baik itu komputer atau laptop), penulis secara berkala selalu melakukan bersih-bersih file menggunakan aplikasi CCleaner untuk membersihkan file yang tidak berguna.

Dan juga, berikut ini spesifikasi komputer dan laptop yang digunakan untuk pengamatan:

  • Komputer dengan speech lama, P4 2,8GHz dengan RAM 1,5GB, memakai hardisk masih 40GB dengan OS Windows XP Professional.
  • Laptop Compaq CQ42-207TU (Processor Dual Core 2,3GHz) dengan RAM sebesar 3GB dan OS Windows 7 Professional.

Jika system yang anda pakai lebih baik dari yang penulis pakai maka hasilnya bisa dipastikan jauh lebih baik dari yang penulis pakai. Dan juga, meskipun speech komputer anda lebih baik dari yang penulis pakai, bisa saja hasilnya akan berbeda karena banyaknya software yang diinstall pasa system windows juga berpengaruh dengan kebutuhan anti virus.

Ingin segera menggunakan Avira? Kungjungi link downloadnya di sini https://www.google.com/search?q=avira+free

FAQ

Q) Bagaiaman dengan anti virus selain Avira, apakah tidak lebih baik?
A) Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi mungkin hasilnya akan berbeda dengan yang anda alami.

Q) Bagaiman dengan anti virus berbayar? Karena setiap anti virus berbayar pasti memiliki fitur yang lebih baik.
A) Di sini yang di bahas adalah anti virus gratis, bukan yang berbayar. Secara teori yang berbayar pasti memiliki fitur yang lebih baik tetapi hasilnya penulis belum tahu karena belum pernah mencobanya sendiri.

Q) Ah, saya kapok dan menyesal memakai Avira karena bla-bla-bla dan saya tidak akan pernah memakai Avira lagi.
A) Diawal tulisan sudah dijelaskan, tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan tentunya pasti berbeda dengan orang lain. Jika anda punya alasan kenapa tidak memakai Avira anda bisa menceritakan pengalaman anda dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

Jika anda punya pertanyaan, kritik, saran atau ingin bercerita tentang pengalaman anda dengan Anti Virus, baik itu Avira atau yang lain, anda bisa meninggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

13 Comments on Avira, Anti Virus Gratis Terbaik 2012

  1. aku pakek avast pass tak full scan, gara” kompinya kenak virus dari flashdisk gara” dari warnet. eee..virus nya kenak semua sekalian software” & data” penting nya ilang. klok pakek avira malesnya suka muncul” terus warning nya ,& untuk main game jugak ganggu,, mungkin itu saja yg bisa saya bagi pengalamanya maaf klok pnjang heheheeee

  2. Bravo Avira!! Gak ribet, ringan, gak paranoid! Anti Virus ini gak pernah mengecewakanku. Aku memakainya sejak tahun 2004. Waktu itu namanya masih AntiVirus trus berubah jadi Antivir sekarang namanya Avira Antivir.

    • @elbeethor: Betul, itu sebagian dari kelebihan Avira jika dibandingkan dengan yang lain. Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya 🙂

  3. masbro mw tanya nih,apa fungsi dari quarantine? sbaiknya apa yg msti dilakukan ? dihapus atau gmn apalagi ada yg “.exe” & bnyk yg dari C:\ juga. takut knp2 masbro. tlg infony,maksih bget sebelumnya hehe

    • @azka: Quarantine berfungsi untuk mengkarantina file yang terindikasi terinfeksi virus.

      Kalau saya sendiri, saya memilih untuk hapus semua file yang ada di Quarantine agar komputer tidak terkena virus. Tetapi perlu diingat konsekuensinya, andai saja file exe yang ada di dalam Quarantine merupakan aplikasi/software, pastinya software tersebut sesudah file itu dihaous tidak akan berjalan. Untuk itu, kalau belum yakin ya jangan dihapus.

      Kalau mau agak ribet, coba seperti ini. Coba jalankan satu per satu semua aplikasi pada Windows. Kalau dirasa semua aplikasi berjalan dengan normal, anda bisa menghapus file yang ada di Quarantine.

      Semoga bisa membantu dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya 🙂

  4. saya tetap stia pada symantec, pake avira kompi malah rusak. banyak program jadi gak bisa jalan lantaran banyak file dikarantina/delete oleh antivir itu sendiri

    • @imron: Untuk Symantec no comment karena saya tidak pernah menggunakannya (Soalnya bukan gratis).

      Terima aksih banyak sudah berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lainnya di sini.

      • ini yg saya pake gratis mas boz, coba search pake kata kunci ini:”Symantec.Antivirus.Corporate.Edition.v10.1.8000.8.x86-DVT”. untuk yg versi win vista keatas yg ini: “Symantec.Antivirus.Corporate.Edition.10.2.276_Vista_X86”. link persisnya saya lupa, cuman saya dulu donlodnya dari 9down. masih bisa update sampai sekarang

  5. kalo pengalaman pribadi dari berbagai antivirus yg saya pake symantec lah yg paling bagus (mungkin memang tergantung selera/kecocokan dengan masing2 aplikasi yg kita pakai), cuma kelamahannya loading/booting kompi agak lambat, tapi setelah desktop siap tetep ringan gak ada masalah sama sekali. terima kasih telah diberi kesempatan untuk comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*