Dewasa ini internet merupakan kebutuhan bagi berbagai kalangan masyarakat. Hampir di seluruh dunia menggunakan internet sebagai wadah untuk menambah pengetahuan, wawasan, berinteraksi sosial, peluang bisnis dan lain-lain.

Manfaat Internet

Pemakai internet saat ini tidak hanya dipakai oleh kawula muda saja bahkan para pebisnis, mereka memanfaatkan internet sebagai peluang mereka dalam menjalankan bisnisnya sekaligus membuka peluang untuk selalu berinteraksi dengan client-clientnya.

Di dunia pendidikan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi para pelajar, bukan hanya sebatas kebutuhan untuk mencari tugas sekolah saja, bahkan mereka kebanyakan membuka forum tentang pendidikan sebagai media untuk saling tukar informasi dan diskusi yang dapat menunjang wawasan ilmu pengetahuan.

Internet tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang positif saja rupanya, internet akhir-akhir ini banyak di gunakan oleh para pengguna yang tidak bertanggung jawab sebagai aksi mereka untuk melakukan kejahatan, kita semua pasti sering mendengar kasus-kasus penculikan, pemerkosaan, dan kejahatan lainya di media massa, tidak menyangka bahwa kasus-kasus tersebut berawal dari interaksi di jejaring sosial.

Untuk mengindari atau meminimalisir kejadian negatif tersebut, Saya mempunyai beberapa tips menggunakan internet dengan baik, antara lain:

  1. Gunakan internet Anda untuk keperluan mencari informasi seputar pelajaran, kuliah, penelitian, dan hal-hal yang lain yang sekiranya bermanfaat positif bagi diri Anda.
  2. Jangan terlalu detil saat Anda mencantumkan data diri Anda di media sosial, karena bisa saja data Anda disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Gunakan jejaring social seperti Facebook, Twitter, MySpace dan sebagainya secara bijak, dan gunakan media sosial Anda tersebut sebagai wadah untuk mempererat tali silahturahmi, berdiskusi, dan hal lain yang bermanfaat bagi diri Anda tanpa harus merugikan orang lain.
  4. Apabila Anda sering menggunakan internet sebagai media Anda untuk berbisnis, usahakan Anda bertransaksi dengan tingkat security yang aman, selalu berhati-hati dengan nomor kartu kredit Anda.
  5. Bagi para orang tua, selalu awasi putra-putrinya yang masih di bawah umur agar tidak mengakses situs-situs yang berbau pornografi. Jika perlu gunakan filter sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs yang aman-aman saja.
  6. Hindari mengunduh file-file yang tidak perlu saat berinternet, karena saat ini banyak cara penyebaran virus melalui file-file dan link-link yang tidak jelas asal usulnya.
  7. Selalu log out setelah Anda log in di suatu website jejaring sosial atau apapun itu dan biasakan sehabis menggunakan internet cookies dan history di web browser Anda sudah Anda bersihkan.
  8. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar saat Anda berinteraksi chating melalui internet, agar tidak menimbulkan salah pengertian, sebab bahasa tulis itu datar tanpa intonasi berbeda dengan bahasa lisan.
  9. Saat Anda menggunakan internet perhatikan soal hak cipta saat menyalin dan menyebarkan suatu tulisan, gambar atau video. Hal ini perlu agar tidak ada tuntutan dari pihak lain yang dapat merugikan diri Anda.

Demikian beberapa tips menggunakan internet dengan baik, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Semoga para pengguna internet dapat secara bijak menggunakan internet tanpa harus merugikan orang lain dan mengetahui manfaat menggunakan internet sebagai motivasi dalam mengembangkan diri, mengembangkan usaha, dan menambah wawasan ilmu pengetahuan yang tentunya bermanfaat bagi para penggunanya.