Filter WordPress Search Hanya dari Posts, Bukan Pages

Cara mudah tidak menampilkan pages pada halaman pencarian wordpress

Ketika anda membangun website menggunakan WordPress, atau anda mengunjungi website lain yang menggunakan WordPress, anda pasti menemukan, ketika melakukan pencarian, hasil pencariannya ikut menampilkan halaman “pages“, bukan hanya halaman “posts“. Hal ini mungkin saja tidak masalah jika pada blog tersebut halaman page-nya memang bermanfaat.

Hanya menampilkan post dan tidak menampilkan pages pada hasil pencarian wordpress

Tetapi, jika pages tersebut hanya menampilkan halaman contact, about, DMCA dan privacy policy, munkin akan tidak bermanfaat karena sebenarnya halaman tersebut tidak penting.

Jika anda owner dari blog berbasis wordpress dan tidak ingin menampilkan halaman “pages” dari hasil pencarian, berikut ini kami berikan tutorial bagaimana cara menfilter agar halaman pages pada wordpress tidak ikut dalam hasil pencarian:

  • Pertama buka folder themes dari blog anda. Lanjutkan memilih theme yang akitf (Menjadi default theme dari blog atau website anda).
  • Lalu, edit file functions.php dari theme tersebut. Jika secara kebetulan theme anda belum memiliki file functions.php, maka anda harus menambahkannya sendiri.
  • Tambahkan kode di bawah ini ke dalam file functions.php
    function SearchFilter($query) {
     if ($query->is_search) {
     $query->set('post_type', 'post');
     }
     return $query;
    }
    add_filter('pre_get_posts','SearchFilter');
    

    Anda bisa menambahkan kode tersebut di mana saja (Atas, bawah atau tengah), yang penting masih dalam lingkup kode <?php ?>

  • Jika sebelumya tidak ada file functions.php maka anda harus menambahkan kode <?php sebelum kode di atas dan menambahkan kode ?> setelah kode di atas. Sebagai contoh. perhatikan gambar di bawah ini.
    Cara mudah tidak menampilkan pages pada halaman pencarian wordpress

Cukup mudah bukan? Jika anda masih bingung bagaimana cara menambahkan kode tersebut, jangan ragu untuk bertanya dengan cara meninggalkan komentar di bawah ini.

Akhir kata, semoga artikel cara filter agar wordpress hanya menampilkan posts pada hasil pencarian ini bisa membawa manfaat untuk anda dan membuat website dan blog yang sedang anda bangun bisa lebih keren dari sebelumnya.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

3 Comments on Filter WordPress Search Hanya dari Posts, Bukan Pages

    • @ace maxs: Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya. Kalau ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya dengan meninggalkan komentar di setiap artikel yang sudah anda baca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*