Copy Folder dan Semua Isi File Menggunakan Command Line Pada Linux

Cara mudah melakukan copy paste pada linux menggunakan command line

Beberapa waktu yang lalu sempat bingung bagaimana cara meng-copy folder dan seluruh isinya ke folde lain menggunakan command line pada linux. Setelah beberapa kali browsing, akhirnya ketemu tutorialnya. Meskipun sederhana, bagi pengguna awam seperti saya hal ini mungkin masih membingungkan.

Cara mudah melakukan copy paste pada linux menggunakan command line

Sebagai contoh, kita asumsikan kita mempunyai folder dengan nama dir1 yang didalamnya terdapat file dengan nama sukses1.html, sukses2.html dan sukses3.html dan juga di dalam folder tersebut ada folder lain dengan nama subdir2 dan subdir3. Kemudian, kita ingin mengkopikan semua file dan semua folder yang ada di folder dir1 ke dalam folder dir2 (Dengan asumsi folder dir1 setingkat dengan folder dir2).

#cp /dir1/* -r /dir2

Keterangan:

  • cp adalah perintah untuk mengcopy.
  • / (Tanda slash) di awal adalah root folder.
  • dir1 adalah folder sumber yang ingin dicopy.
  • / (Tanda slash) ke dua adalah pemisah folder dengan folder yang setingkat di bawahnya.
  • * (Tanda bintang) berarti semua atau keseluruhan.
  • -r (Tanda minus plus huruf R kecil. Ingat ya, huruf kecil) artinya rekrusif yang berarti keseluruan, termasuk folder didalamnya.
  • /dir2 berarti folder tujuan dari peng-copy-an.
  • Secara keseluruhan berarti, kita mengkopikan semua file dan folder yang ada di folder dir1 ke dalam dir2. Yang tercopy hanya isi folder dir1, sedangkan dir1 sendiri tidak akan ikut tercopy.

Jika ingin mengkopikan dir1 dan semua isinya (Kalau yang ini folder dir1 akan tercopy juga) ke dir2 maka anda bisa menggunakan perintah ini:

#cp /dir1 -r /dir2

Dengan perintah tersebut maka di dalam folder dir2 ada folder dir1 beserta isinya.

Masih bingung? Silahkan anda praktekka dahulu beberapa kali dan saya yakin anda bisa memahaminya. Jika ingin mengetahui sintak perintah dari cp yang lain, anda bisa membaca help dari perintah itu sendiri denga cara:

#cp --help

Cukup mudah bukan? Jika anda masih bingung bagaimana cara meng-copy file dan folder menggunakan command line pada linux, jangan pernah ragu untuk bertanya dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*