Cara Mudah Hapus Folder Beserta Isinya Menggunakan Command Line Linux

Remove files dan folder pada Linux

Kalau artikel sebelumnya membahas bagaimana cara copy folder beserta isinya ke folder lain, kali ini yang akan kita bahas bagaimana cara hapus folder beserta isinya menggunakan comand line.

Remove files dan folder pada Linux

Perintah di linux kali ini lebih mudah dari sebelumnya karena hanya butuh satu pengertian saja. Sebagai asumsi, kita akan menghapus satu folder bernama dir1 yang ada di root folder dari linux. Perintahnya sebagai berikut:

#rm /dir1 -rf

Keterangan:

  • rm yang merupakan kependekan dari remove, berfungsi untuk ¬†menghapus.
  • -rf adalah kependekan dari recursive files yang berarti hapus semua file di dalamnya.

Jadi perintah di atas mengartikan hapus folder dir1 beserta file dan sub folder yang ada di dalamnya.

Penting untuk diperhatikan; Anda harus berhati-hati dengan perintah ini karena perintah ini tidak dapat di undo. Jika anda sudah menghapus folder beserta isinya, anda tidak akan pernah bisa untuk mengembalikannya.

Semoga artikel cara menghapus folder beserta isisnya di linux command line bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada kesulitan dengan perintah ini, jangan pernah ragu untuk bertanya dengan cara meninggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*