Download Super Cepat Ke VPS Menggunakan Perintah WGET

Contoh Kecepatan Download Menggunakan WGET

Kalau pada artikel sebelumnya berkutat dengan kompress file dan kompress folder, sekarang waktunya belajar untuk download super cepat dari website/hosting lain ke VPS yang kita miliki. Ingat, ini ke VPS bukan ke lokal computer yang pastinya memiliki kecepatan akses yang lebih baik daripada ke komputer lokal.

Download Cepat ke VPS menggunakan WGET

Dengan asumsi kita sudah memiliki VPS dan sudah bisa akses ke SSH, maka yang perlu kita lakukan hanyalah mencari sumber file yang ingin kita download. Katakanlah kita ingin download Ubuntu ke VPS dengan alamat http://old-releases.ubuntu.com/releases/12.04/ubuntu-12.04-desktop-i386.iso maka perintah yang perlu anda masukkan adalah:

#cd test/
#wget http://old-releases.ubuntu.com/releases/12.04/ubuntu-12.04-desktop-i386.iso
#ls -l

Keterangan:

  • cd test/ artinya anda masuk ke bagian folder test/ yang ada di root folder.
  • wget adala perintah untuk mengambil file (Download file).
  • http://old-releases.ubuntu.com/releases/12.04/ubuntu-12.04-desktop-i386.iso adalah file yang akan didownload. Jika anda ingin mengetahui halaman untuk mengakses file ini, silahkan anda berkunjung ke http://old-releases.ubuntu.com/releases/12.04/
  • ls -l adalah perintah untuk melihat isi folder yang sedang aktif.

Jika anda ingin menjalankan perintah ini di background dan ingin tetap menggunakan “shell” untuk pekerjaan lain, anda bisa menggunakan opsi perintah -b setelah mengetikkan wget. Atau, jika ingin agar proses download bisa diulang di waktu lain, anda bisa menggunakan opsi -c pada perintah tersebut.

Contoh Kecepatan Download Menggunakan WGET

Contoh implementasiannya bisa anda lihat di bawah ini:

#wget -c -b  http://old-releases.ubuntu.com/releases/12.04/ubuntu-12.04-desktop-i386.iso

Dengan perintah tersebut maka wget akan download file dan berjalan di background yang juga bisa diulagi lagi jika sewaktu-waktu konkesi terputus.

Jika masih kurang faham dengan artikel download menggunakan wget ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Kami siap untuk menjawab pertanyaan anda (Dengan catatan kami juga faham mengenai yang anda tanyakan).

Semoga sedikit penjelasan mengenai WGET di Linux ini bisa bermanfaat untuk anda.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

5 Comments on Download Super Cepat Ke VPS Menggunakan Perintah WGET

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*