Step by Step Install dan Optimasi VPS CentOS, Nginx, MySQL, PHP-FPM, APC dan WordPress

Tweaking VPS Linux Nginx MySQL PHP APC dan Wordpress untuk website

Setelah berbulan-bulan belajar untuk optimasi website, akhirnya bisa merasakan manfaat dari belajar sehingga saat ini bisa mengelola server sendiri untuk kebutuhan h0sting dari website. Meskipun begitu proses pembelajaran akan tetap dilanjutkan karena ilmu itu tidak terbatas dan pengetahuan tentang optimasi server akan terus berkembang.

Tweaking VPS Linux Nginx MySQL PHP APC dan WordPress untuk website

Daripada ilmu yang sudah saya pelajari hanya saya pendam sendiri, akan jauh lebih baik kalau saya bisa share bagaimana memaksimalkan kinerja server untuk kebutuhan hosting dari website. Karena yang saya mengerti adalah menggunakan CMS WordPress, maka share kali ini akan membahas bagaimana optimasi WordPress menggunakan hosting VPS yang dibangun mulai dari nol (Build sendiri dari awal).

Untuk CMS yang lain yang berbasis PHP, saya rasa untuk sisi server tidak jauh berbeda dengan penggunaan WordPress karena sama-sama menggunakan PHP.

Karena tutorial kali ini bakal panjang, artikel akan saya bagi menjadi beberapa bagian agar lebih terstruktur sehingga memudahkan pembaca untuk mencari poin dari masing-masing bagian artikel. Berikut ini rincian proses untuk membangun dan optimasi website berbasi WordPress menggunakan VPS CentOS, web server Nginx, bahasa program PHP dengan database MySQL serta akselerator APC untuk kecepatan proses:

Semoga apa yang sudah saya share di atas bisa memberikan manfaat untuk pembaca sekalian sehingga bisa membangun server sendiri menggunakan VPS CentOS, Nginx, MySQL, PHP-FPM dan APC dari website berbasis WordPress dan melakukan optimasi dengan sebaik-baiknya.

Dari artikel yang sudah saya tulis tersebut pastinya banyak kesalahan baik itu dari sisi tata bahasa dan yang lain. Untuk itu, kritik dan saran dari pembaca semua sangat saya harapkan untuk perbaikan tulisan di masa mendatang. Lebih-lebih untuk sisi teknis karena bisa jadi optimasi yang saya lakukan bukan membuat optimal server, malah akan menambah beban pada server. Untuk itu mohon masukannya.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai artikel yang sudah anda baca, jangan pernah ragu untuk memberikan pertanyaan dengan meninggalkan komentar di bawah ini (Mohon gunakan komentar dari WordPress karena untuk komentar dari form Facebook, saya sendiri jarang menggunakan FB).

Notes: Untuk link artikel yang mati, artinya artikel tersebut belum selesai dibuat. Mohon bersabar dan tunggu kehadirannya.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

4 Comments on Step by Step Install dan Optimasi VPS CentOS, Nginx, MySQL, PHP-FPM, APC dan WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*