Apa itu Email, Facebook, dan Twitter? Inilah Pengertian dan Manfaatnya

Facebook, eMail dan Twitter

Mungkin bagi sebagian orang, tiga hal tersebut tidaklah asing lagi. Kurang gaul katanya jika tidak menggunakan situs-situs jejaring sosial tersebut. Dulunya hanya dipakai oleh anak-anak muda saja, namun sekarang bahkan ibu rumah tangga atau mereka yang sudah bekerja di perusahaan besar memiliki akun pada situs-situs.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah sebenarnya apa itu email, facebook dan twitter, dan mengapa mereka sangat populer hampir di seluruh kalangan masyarakat.

Facebook, eMail dan Twitter

Email adalah singkatan dari electronic mail atau surat elektronik yang berfungsi untuk mengirim surat ataupun dokumen dalam waktu yang sangat singkat. Tidak seperti surat menyurat dengan pos yang harus menunggu paling tidak seharian untuk sampai pada tempat tujuan, email hanya memerlukan hitungan detik untuk mengirimkan dokumen-dokumen tersebut sampai pada tujuan. Namun tidak hanya itu saja, saat ini email digunakan untuk mendaftar apapun yang berhubungan dengan internet seperti contohnya facebook dan twitter.

Facebook dan twitter adalah situs jejaring sosial yang saat ini sedang digandrungi oleh hampir semua lapisan masyarakat. Padahal beberapa tahun yang lalu kita masih bertanya-tanya tentang apa itu email, facebook, dan twitter namun sekarang bahkan anak-anak kecil pun sudah tahu jawabannya. Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang awalnya dibuat oleh Mark Zuckerberg yang anggotanya terbatas hanya untuk mahasiswa Harvard saja. Namun pada akhirnya situs ini dibuka untuk seluruh kalangan masyarakat yang berusia tiga belas tahun keatas.

Saat mengisi biodata untuk facebook, anda diminta untuk menulis asal usul sekolah anda dari taman kanak-kanak sampai tempat anda bekerja sekarang sehingga hal tersebut membantu untuk menghubungkan anda dengan teman-teman lama dan agar dapat lebih mengenal teman-teman baru anda. Selain itu juga anda diminta untuk menulis minat sehingga dapat membantu untuk mencari teman baru dengan minat yang sama.

Tidak hanya remaja dan juga para paruh baya yang keranjingan situs ini, namun anak-anak kecil yang kebanyakan membuat akun facebook untuk bermain game. Salah satu keunggulan situs ini adalah memiliki bermacam-macam jenis game yang menarik perhatian masyarakat sehingga mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan facebook-nya.

Agak sedikit berbeda degan facebook, twitter juga adalah sebuah situs jejaring sosial yang memudahkan penggunanya berinteraksi satu sama lain dengan wadah yang lebih sederhana. Tidak ada game, hanya bisa menulis status atau pesan tidak lebih dari 140 karakter, menggunakan username bukan nama asli sehingga agak sulit untuk mengenali satu sama lain, sehingga situs ini kebanyakan digemari oleh para remaja. Seperti menulis pesan, mereka bisa menuliskan hal apapun yang terbesit dalam otak mereka dengan cara yang lebih mudah. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Bizz Stone, dan Evan Williams pada bulan Oktober tahun 2006.

Bukan hanya para remaja saja, namun selebritis dari dalam maupun luar juga memakai situs ini sebagai ajang promosi atau memperdekat koneksi mereka dengan fans. Sehingga jika selebritis tersebut meng-update sesuatu maka dengan otomatis fans akan tahu lebih cepat daripada haru menunggu beritanya keluar di televisi.

Selain itu, penting bagi para orangtua untuk mengetahui apa itu email, facebook, dan twitter sehingga mereka bisa betul-betul tahu fungsi-fungsinya agar dapat mengawasi anak-anak mereka saat sedang mengakses situs-situs tersebut karena kita tidak pernah tahu hal-hal apa yang ada di dalamnya.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*