Kalau pada artikel sebelumnya kita belajar dengan Linux dan VPS, hari ini waktunya belajar melakukan setting Firewall di Windows 7. Firewall sendiri dalam bahasa Indonesia berarti dinding yang biasa digunakan sebagai pembatas bangunan. Jika dalam ilmu komputer dan internet, Firewall berarti cara/metode yang digunakan untuk membatasi koneksi-koneksi tertentu baik itu di jaringan atau internet.

Tips penggunaan Firewall Windows 7

Kenapa harus dibatasi? Satu alasan yang mendasarinya yaitu agar koneksi yang kita pakai tidak mengakses program-program jahat yang bisa membahayakn komputer kita.

Apakah dengan Firewall komputer akan 100% aman dari program jahat? Tentu tidak, ada kalanya program jahat akan tetap masuk dan menginfeksi komputer kita. Tetapi dengan Firewall setidaknya komputer Windows kita akan lebih aman daripada tidak ada Firewall sama sekali.

Berikut ini contoh dari pengaturan Firewall pada Windows 7 baik itu pada komputer atau pada laptop.

  • Klik Start dan pilih Control Panel.
  • Pilih Network and Internet.
  • Lanjutkan dengan memilih Network and Sharing Center.
  • Pada bagian kiri bawah, pilih Windows Firewall.
  • Pilih Turn Windows Firewall on or off.
  • Setting sesuai keinginan anda. Sebagai contoh, anda bisa melakukan setting seperti di bawah ini.
    Setting Forewall Pada Windows 7

Dari gambar tersebut (Pengalaman saya), mengaktifkan Forewall adalah pilihan terbaik karena bisa meminimalisir agar program jahat tidak masuk ke system Windows anda. Jika anda memiliki aplikasi 3rd Party (Aplikasi pihak ketiga) yang bisa menangani Firewall, anda bisa saja menonaktifkan Firewall di Windows 7 dan menggunakan aplikasi 2rd Party sebagai aplikasi default untuk menangani Firewall.