http://www.teknogadget.com/1779/tips-membasmi-virus-yang-ada-di-komputer/Mungkin bagi sebagian orang yang tidak terlalu melek internet tidak mengerti jika suatu saat data-data atau komputer mereka sedang dihinggapi oleh virus. Kadang virus datang tanpa pemberitahuan lebih dahulu dan menyerang sistem anda secara perlahan-lahan atau bisa dibilang tanpa jejak yang tahu-tahu membuat komputer anda tidak berfungsi dengan normal.

Musuh utama bagi data-data pada perangkat elektronik kita adalah virus. Jenis apapun itu sudah pasti yang namanya virus harus benar-benar dihancurkan sampai ke akar-akarnya. Saat ini orang-orang semakin pintar dan virus-virus yang beredar semakin bermacam-macam efeknya pada komputer kita.

Ada yang membuat data-datanya hilang sedikit demi sedikit bahkan ada yang membuat komputer kita mati total. Namun jangan khawatir karena semakin banyak pula ilmuan-ilmuan pintar yang dengan sigap mengetahui cara untuk membasmi virus-virus nakal tersebut.

Oleh karena itu anda diharapkan mengetahui beberapa tips membasmi virus yang ada di komputer. Mengetahui dan mempelajari sendiri cara-cara di bawah ini karena siapapun bisa melakukannya. Caranya mudah, anda bahkan bisa membasmi virus tersebut sendiri tanpa harus membawanya ke tukang servis.

Langkah pertama dari tips membasmi virus yang ada di komputer adalah kita harus rajin-rajin mem-back up dokumen entah itu data-data penting ataupun foto kenangan dengan kerabat anda. Back up data adalah hal dasar yang ada baiknya dilakukan oleh para pengguna komputer demi terjaganya file-file anda. Hal ini sangat mudah dilakukan hanya dengan menyimpannya ke drive eksternal. Jika terkena virus, cepat-cepatlah memindai drive tersebut dan isinya setelah melakukan pembersihan virus. Jangan sampai virus datang-datang lagi kepada data-data anda.

Kedua, cobalah untuk menggunakan virus scanner atau alat penghapusan virus yang reputasinya sudah cukup bagus. Disarankan untuk menggunakan salah satu dari Malwarebytes, SuperAntySpyware, atau PC Tools. Ketiganya cukup disarankan oleh PC Magazine dan CNET. Setelah mengunduh dan menginstal, terima semua pengaturan yang disarankan oleh virus scanner tersebut, lalu biarkan ia melakukan pekerjaannya. Walaupun memakan waktu yang cukup lama dan ada kemungkinan terhapusnya file yang terinveksi, namun cara yang satu ini cukup ampuh dalam tips membasmi virus yang ada di komputer anda.

Jangan lupa untuk tambah kemanan komputer anda dengan menginstal antivirus yang terpercaya sehingga dengan komputer anda akan senantiasa melakukan pemindaian secara otomatis. Setelah itu jangan lupa juga untuk mengupdate dengan versi paling baru agar virus-virus terbaru sudah terdaftar dalam antivirus anda sehingga semakin kecil kemungkinan anda untuk terserang virus. Pesan yang terakhir, jangan lupa juga memindai hard drive yang masuk dalam komputer anda sebelum membuka file di dalamnya karena tidak semua file itu aman.