Trik Download Video YouTube Menggunakan DownloadHelper

YouTube sampai saat ini merupakan video portal gratis yang paling banyak dikunjungi saat ini. Setiap hari ada jutaan orang pengguna internet yang berkunjung ke YouTube untuk menonton video yang ada di sana. Di YouTube ada banyak video, mulai dari video pembelajaran, film pendek, berita, rekaman peristiwa atau sekedar video humor dan masih banyak lagi.

Trik Download Video YouTube Menggunakan DownloadHelper

Sama seperti video pada FaceBook, secara default, pengujung hanya disediakan menu untuk menonton video pada YouTube saja tanpa disediakan menu/pilihan untuk download video dan kemudian menyimpannya di dalam hardisk. Tetapi, dengan trik tertentu anda bisa download video dari YouTube dengan mudah dan kemudian menyimpannya ke dalam hardisk lokal.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan add-on DownloadHelper yang dikombinasikan dengan Firefox. Berikut ini step by step bagaimana cara download video pada YouTube menggunakan DownloadHelper Firefox:

  • Pastikan anda menggunakan web browser Forefox. Jika belum, silahkan download software di website resmi Firefox dan install di komputer anda.
  • Setelah Firefox terinstall, kunjungi halaman resmi add-on DownloadHelper di sini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/video-downloadhelper/ dan tunggu sampai semua halaman terload oleh web browser.
  • Klik tombol Add to Firefox.
    Downloadhelper Firefox Addon
  • Lanjutkan dengan klik tombol install now agar proses install bisa dilanjutkan.
  • Restart web browser Firefox.
  • Setelah Firefox direstart, ada notifikasi kalau add-on telah berhasil terinstall.
  • Sekarang coba lihat, di bagian atas ada tombol baru dari add-on yang baru saja anda install.

Proses install addon telah selesai. Untuk mengujinya, cobalah buka salah satu video youtube yang anda sukai. Ketika video sudah terbuka, klik icon DownloadHelper dan lanjutkan dengan memilih format video yang ingin anda download. Ada beberapa format video yang bisa anda piluh mulai dari MP4, FLVdan beberapa yang lain.

Jika sudah memilih, tunggu sampai proses download selesai. Jika sudah selesai, coba lihat di folder di mana anda menyimpan file video tersebut. Lalu, coba mainkan video menggunakan video player kesukaan anda seperti KLite Codec, GOM Palyer dan software yang lain.

Proses donwload dari DownloadHelper YouTube Video

Cukup mudah bukan? Dengan trik mudah ini anda bisa download video YouTube yang anda inginkan dengan cara mudah dan murah. Jika anda punya pertanyaan, kritik atau saran seputaran video ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

4 Comments on Trik Download Video YouTube Menggunakan DownloadHelper

  1. trimakasih tutorialnya,pertanyaan saya,apa yg menentukan kita hrs pilih format ini atau yang itu,seperti MP4,atau LFV,dll

    • @Ammy: Wah kalau itu sesuai selera kita-kita saja, mau format apapun ya terserah kita. Kalau saya sendiri memilih format yang disupport oleh banyak media player 🙂

    • @Den’s: Wah, setahu saya untuk FLV memang harus menggunakan player yang lain semacam GOM Player atau KLite Codec. Untuk Windows Media Palyer memang belum support format FLV.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*